PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN SHOPPING ENJOYMENT TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kota Bandung) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sektor dalam jual beli mengalami kemajuan, masyarakat kini dinilai lebih suka berbelanja online daripada berbelanja offline. Belanja online dinilai lebih mudah dan mampu memberikan penawaran yang lebih besar daripada berbelanja offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh promosi penjualan dan shopping enjoyment terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Shopee. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan masyarakat Kota Bandung sebagai pengguna akun Shopee dengan jumlah yang tidak diketahui, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan dan shopping enjoyment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dengan hasil F hitung sebesar 32,695 > nilai F tabel yaitu 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ariyanti, L., & Iriani, S. S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day ( Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur ). 1(5), 491–508.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2017). Advertising And Promotion (11th Ed.). Mcgrow-Hill Education.
Burhanudin, T. (2020). Survei Belanja Online Ramadan Dan Lebaran, E-Commerce Mana Paling Unggul? Retrieved From Marketing.Co.Id Website: Https://Marketing.Co.Id/Survei-Belanja-Online-Ramadan-Dan-Lebaran-E-Commerce-Mana-Paling-Unggul/
Catriana, E. (2021). Survei: 73 Persen Konsumen RI Menilai Belanja Online Lebih Mudah Dibandingkan Belanja Di Toko. Retrieved April 18, 2022, From Money.Kompas.Com Website: Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/12/06/180445726/Survei-73-Persen-Konsumen-Ri-Menilai-Belanja-Online-Lebih-Mudah-Dibandingkan
Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan , Electronic Word Of Mouth Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee. 17(02), 22–31.
Endarwati, O. (2022). Ekonomi Pulih, Pertumbuhan E-Commerce Tembus 40 Persen Di 2021. Retrieved From Idxchannel.Com Website: Https://Www.Idxchannel.Com/Economics/Ekonomi-Pulih-Pertumbuhan-E-Commerce-Tembus-40-Persen-Di-2021
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management Global Edition (15th Ed.). Https://Doi.Org/10.1080/08911760903022556
Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan. 10(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.10.1.27-34
Lee, I. (2013). Trends In E-Business, E-Services, And E-Commerce: Impact Of Technology On Goods, Services, And Business Transactions. In Trends In E-Business, E-Services, And E-Commerce: Impact Of Technology On Goods, Services, And Business Transactions (1st Ed.). Https://Doi.Org/10.4018/978-1-4666-4510-3
Lidwina, A., & Bayu, D. J. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi Di Dunia. Retrieved From Katadata.Co.Id Website: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/06/04/Penggunaan-E-Commerce-Indonesia-Tertinggi-Di-Dunia
Mihić, M., & Milaković, I. K. (2017). Examining Shopping Enjoyment: Personal Factors, Word Of Mouth And Moderating Effects Of Demographics. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 30(1), 1300–1317. Https://Doi.Org/10.1080/1331677X.2017.1355255
Nuri, H. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Kenikmatan Berbelanja, Gaya Hidup Online Terhadap Impulsive Buying Masyarakat Muslim Millenial Hayatun. 19.
Purwaningsih, A. G., & Nurhadi. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Gender Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. 10(2), 159–167.
Putra, A. P., & Adam, M. (2020). Pengaruh Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Dengan Product Browsing Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Shopee Online Shop. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 52–61.
Putra, M. R. M., Albant, M. A. K., Sari, L. N., & Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Promosi , Fashion Involvement , Dan Shopping Life Style , Dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. 03(02), 21–29.
Serliani, A., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 28–39. Retrieved From Www.Fe.Unisma.Ac.Id
Sukaatmadja, I. P. G. (2019). Peran Shopping Enjoyment Memediasi Pengaruh Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan Bisnis Pada Era Globalisasi Ini Semakin Pesat . Banyak Pengusaha Membuka Bisnis. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3756–3783.
Tantomi, I. (2021). Bikin Riset Menarik, Snapcart 2021 Pilih E-Commerce Ini Jadi Yang Terbaik Di Indonesia. Retrieved From M.Fimela.Com Website: Https://M.Fimela.Com/Lifestyle/Read/4698504/Bikin-Riset-Menarik-Snapcart-2021-Pilih-E-Commerce-Ini-Jadi-Yang-Terbaik-Di-Indonesia
Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising Dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. 2(September), 29–37.
Ulya, F. N. (2021). Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibandingkan Offline. Retrieved From Money.Kompas.Com Website: Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/10/22/211000926/Riset--Masyarakat-Lebih-Banyak-Belanja-Online-Dibanding-Offline
Wardah, N. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. 4, 121–132.
Wijaya, M. E. (2017). Pengaruh Hedonic Motive Dan Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Oleh Browsing Pada Konsumen Belanja Online Di Yogyakarta. 14, 1–14.