PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN SHOPPING ENJOYMENT TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E-COMMERCE SHOPEE

(Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kota Bandung)

Authors

  • Riris Roisah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Wina Dianita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.51977/jsj.v5i1.1204

Keywords:

Promosi Penjualan, Shopping Enjoyment, Pembelian

Abstract

Sektor dalam jual beli mengalami kemajuan, masyarakat kini dinilai lebih suka berbelanja online daripada berbelanja offline. Belanja online dinilai lebih mudah dan mampu memberikan penawaran yang lebih besar daripada berbelanja offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh promosi penjualan dan shopping enjoyment terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Shopee. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan masyarakat Kota Bandung sebagai pengguna akun Shopee dengan jumlah yang tidak diketahui, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan dan shopping enjoyment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dengan hasil F hitung sebesar 32,695 > nilai F tabel yaitu 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Adji, H. S. (2018). Dinamika Komunikasi Fatis Pada Siswa Kelas II SMA Negeri 9 Gowa. Jurnal Universitas Islam Negri Alauddin.

Alam, S. R. (2016). An Analysis Of Phatic Communion In English Students Association (ESA) Board Member Batch. Jurnal Universitas Brawijaya.

Ardyati, N. (2019). Pengelolaan Kesan Komunikasi Persuasif Personal Sales. Nyimak: Journal of Cpmmunication, 3(2).

Astuti, dkk. (2019). Hubungan antara Motif Komunikasi Interpersonal dan Kepuasan Komunikasi Antar Pribadi Generasi Milenial Relationship between Interpersonal Communication Motives and Millennial Generation Interpersonal Communication Satisfaction. 2, 171–206.

Cooren, F., Kuhn, T., Cornelissen, J. P., & Clark, T. (2011). Communication, organizing and organization: An overview and introduction to the special issue. In Organization Studies (Vol. 32, Issue 9). https://doi.org/10.1177/0170840611410836

Effendy. (2010). Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Grasindo Rosdakarya.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Graha Ilmu.

Hidayat, D. & K. N. (2016). Makna Hubungan Antarpribadi Melalui Media Online Tinder. Jurnal Ilmu Komunikasi, III(1), 1–11. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom%0A1

Kridalaksana. (2010). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Gramedia.

Mulyana, D. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Myers, K. K., & Sadaghiani, K. (2010). Millennials in the Workplace : A Communication Perspective on Millennials ’ Organizational Relationships and Performance. 225–238. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9172-7

Oktaviana, C. I., & Santosa, H. P. (2017). Pola Komunikasi Pengasuhan Ibu Single Parent. IImu Komunikasi, 1–9.

Ramadhanty, S. (2014). Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/2556

Santi, F. (2018). Pesan Nonverbal dalam Komunikasi Politik Wahidin Halim Sebagai Calon Gubernur Banten pada Pilkada Banten 2017. 2(2), 131–149.

Sonderby. (2013). Loneliness : An Integratie Approach. The Journal of Integrated Social Sciences, ISSN 1942-1052.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Thamrin, T., & Gani, M. H. (2020). Cultural Value in Phatic Communication of Minangkabau Society. Jurnal Kata, 4(1), 155. https://doi.org/10.22216/kata.v4i1.5272

Turner, W. R. (2010). Introducing Communication Theory: An Analysis and Application (4th ed.). McGraw-Hill,.

Vladimir. (2009). What is Phatic Communication. Cambridge Journal Online.

Wood, J. T. (2010). Everyday encounters: An introduction to interpersonal communication. Thomson Nelson.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN SHOPPING ENJOYMENT TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E-COMMERCE SHOPEE: (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kota Bandung). (2023). Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(1), 9-19. https://doi.org/10.51977/jsj.v5i1.1204