PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN PUNCAK MANIS CIBOLANG SUKABUMI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diana Mustika
Dwi Sandini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap terhdap kualitas produk pada pembelian rumah di perumahan Puncak Manis Cibolang Sukabumi. Teknik analis data menggunakan metode analisis Deskriptif. Dilakukan dengan melakukan uji validasi,uji realibilitas, uji asumsi kelasik, dan analisis linier berganda. Hasil penelitian yang telah di uji menggunakan software SPSS 20 menunjukan bahwa hasil uji t variable kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pembelian rumah diperumahan Puncak Manis Cibolang Sukabumi. Sedangkan hasil uji t pada pelayanan juga memiliki pengaruh signifikan karena semua item valid terhadap kepuasan konsumen pada pembelian rumah di perumahan Puncak Manis Cibolang Sukabumi. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara variable kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pembelian rumah diperumahan Puncak Manis Cibolang Sukabumi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Ecodemica, 1(2), 252–261.
Azmi, H. U., Rizkyanfi, M. W., & Fajri, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Dapur Caringin Tilu Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.17509/gastur.v1i2.40574 Rizan Mohamad, andika fajar. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Suzuki, Dealer Fatmawati,Jakarta Selatan).
Fitriana, Diko Nadiya. (2022). pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada ratu meubel di kecamatan limboto kabupaten gorontalo. 08(September), 2321–2334.
Ghassani, M. T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Social and Politic Science, 1–8. http://eprints.undip.ac.id/75289/
Hamzah, M., & Alfiani, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produkdan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Sakinah Paiton Probolinggo. Jurnal Sosial & Humaniora 1(2)
Kustiawan, achmad andi. (2015). pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada PT Denko wahana prima). http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25868.
Risnawati, & Huda, N. (2016). Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Perumahan Komplek Amd Permai Banjarmasin ). Wawasan Manajemen, 2(1), 43–56. https://doaj.org/article/7a02314ccf2c466c9b886f0cd8b4e590
Tjiptono, Fandy. (2017). Pelayanan Kualitas Produk Dan Jasa. 15(2), 1–23.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi
Wakerkwa, Darpen. (2019). Tingkat Kepuasan Pemebli Terhadap Kualitas Produksi Soumel Asien Balita Sukses Kampung Kalisemen Sp2 Distrik Nabire Barat. FOKUS Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1(2).
Widjaja, Y. R., & Nugraha, I. (2016). Loyalitas Merek Sebagai Dampak Dari Kepuasan Konsumen. Ikonomika : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 1–13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ikonomi ka/article/view/138
Zikri, ahmad., harap ikhsan muhammad. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138. http://eprints.undip.ac.id/75289