Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pemberian Imunisasi Dasar Di Puskesmas Kabupaten Bandung

  • Maidartati Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ida Yuli Yuniarti ARS University
Keywords: Imunisasi

Abstract

Imunisasi merupakan salah satu pencegahan penyakit menular khususnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Dalam pemberian imunisasi, peran orang tua khususnya ibu menjadi sangat penting, karena orang terdekat dengan bayi dan anak adalah ibu. Pengetahuan dan pendidikan ibu akan mempengaruhi perilaku ibu dalam pemberian imunisasi dasar pada bayi dan anak, sehingga dapat mempengaruhi status imunisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan dengan perilaku Ibu dalam pemberian Imunisasi dasar di Puskesmas Kabupaten Bandung. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian adalah ibu yang melakukan imunisasi dasar di Puskesmas Kabupaten Bandung. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian adalah 42 responden. Selanjutnya dilakukan Analisa data Univariat menggunakan Prosentase dan Bivariat menggunakan Chi-Squaere. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar yaitu 26 (61,9%) responden melakukan imunisasi dasar lengkap. Selanjutnya hampir setengahnya sebanyak 17 (40,5%) responden dengan pengetahuan baik danĀ  sebagian besar yaitu 25 (59,5%) responden berperilaku positif. Hasil analisa data pada uji Chisquare diperoleh p-value 0,000 artinya terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku ibu dalam pemberian imunisasi dasar di Puskesmas Kabupaten Bandung. Diharapkan kepada tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan penyuluhan kesehatan tentang imunisasi untuk meningkatkan pengetahuan dengan perilaku ibu tentang imunisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah (2010), Imunisasi dan vaksinasi. Bantul. Yogyakarta Nuha Medika.

Dinas Kesehatan Jabar. (2016): http://www.depkes.go.id/resource s/download/profil/PROFIL KES PROVINSI 2016

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung . (2017). Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap pada bayi dan Cakupan Desa/Kelurahan Universal Child Immunization (UCI).

Fitriani. S. (2011). Promosi Kesehatan. Ed 1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Heraris, S.(2015). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Anak Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Pembina Plaju Palembang

Hidayat, A. A. (2009). Pengantar ilmu keperawatan anak 1. Jakarta: Salemba Medika.

Iqbal, W. M. (2007). Promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir, L., & Hadia, H. (2014). Pengetahuan dan kepatuhan ibu pada pemberian imunisasi dasar bagi bayi. Journal of Pediatric Nursing, 1(1), 9-13.

Kemenkes RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI 2015

Notoatmodjo. (2007). Pengetahuan Dan Sikap. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Maghfirah, N., Yusuf, S., & Hajar, S. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita terhadap Pemberian Imunisasi Polio di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Medisia, 2(3).

Mahayu, P. (2014). Imunisasi dan Nutrisi. Jogjakarta : Buku Biru.

Mandesa, E., Sarimin, D. S., & Ismanto, A.Y. (2014).Pengaruh Pedidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (Kipi). JURNAL KEPERAWATAN, 2(1).

Maimunah, M. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Pelaksanaan Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Desa Karang Sari Huta 3 Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(29).

Tawi (2008). Imunisasi dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. http://www.klinikku.com

Riyanto, D. A. (2013). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Imunisasi Dasar dengan Perilaku Pelaksanaan Imunisasi Dasar pada Balita di Kampung Cantilan Kelurahan Kagungan Kecamatan Kasemen Kota Serang tahun 2013. Bandung: Jurnal Kesehatan Sekolah Tinggi Kesehatan Borromeus.

Rizani, A., Hakimi, M., & Ismail, D. (2009). Hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam pemberian imunisasi hepatitis B 0-7 hari di Kota Banjarmasin. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(1), 12.

Suharti, S., Suryani, S., & Suryanti, Y. (2016). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Hepatitis B 0-7 Hari. Jurnal Kesehatan, 4(1)

Swarjana, I Ketut.(2015). Metodologi Penelitian Kesehatan.Yogyakarta:CV.Andi Offset.

WHO, (2014). Immunization. WHO : http://www.who.int/topics/immu nization/en/

Worang, R., Sarimin, S., & Ismanto, A. Y. (2014). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam pemberian imunisasi dasar pada balita di desa taraitak satu kecamatan Langowan utara wilayah kerja Puskesmas walantakan. Jurnal Keperawatan, 2.

Published
2020-04-30
How to Cite
Maidartati, & Yuniarti, I. Y. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pemberian Imunisasi Dasar Di Puskesmas Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 114-121. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/248