HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI MAHASISWA PERAWAT DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KAMPUS “X” DI TANGERANG

  • Teresa Teresa Universitas Cendekia Abditama
  • Rina Milawati Universitas Cendekia Abditama
Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Perawat

Abstract

Prestasi belajar merupakan hal penting yang ingin diperoleh mahasiswa dalam melakukan aktivitas belajar yang dapat ditunjukkan oleh perasaan dan sikap. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Motivasi menjadi mahasiswa perawat merupakan hal yang menarik untuk diketahui. Prestasi belajar hingga saat ini masih menjadi tolak ukur kompetensi mahasiswa di bidang ilmunya masing-masing, oleh sebab itu banyak institusi kerja yang menggunakan indeks prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan motivasi menjadi mahasiswa perawat dengan prestasi belajar mahasiswa di kampus “X” di Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang menggunakan cross sectional. Penelitian cross sectional. Sample pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa perawat yang kuliah pada institusi pendidikan berjumlah 136 . Analisis bivariat pada variabel motivasi menjadi mahasiswa perawat dengan prestasi belajar menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian diperoleh nilai p 0,02 yang menunjukkan bahwa korelasi antara motivasi dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan bermakna, dan nilai koreasi 0,541 menunjukkan adanya korelasi yang cukup kuat. Dari hasil diatas, diperoleh nilai p 0,02 yang menunjukkan bahwa korelasi antara motivasi dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan bermakna, dan nilai koreasi 0,541 menunjukkan adanya korelasi yang cukup kuat. Hubungan antara motivasi dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan bermakna Beberapa indikator timbulnya motivasi dalam diri seseorang adalah adanya hasrat dan keinginan berhasil dalam hal ini lulus menjadi seorang perawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiana, S. (2010). Hubungan minat dan motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar (pada mahasiswa program studi D III Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hutama Abdi Husada Tulungagung) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Anggita, A. D. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Karyawan pada PT. Safari Junie Textindo Boyolali) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ciptaningtyas, G. (2019). Pengaruh Aktivis Organisasi Intra Kampus Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Uin Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).

Firdaus, N., & Imallah, R. N. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal vicratina, 3(1), 193-214.

Hasyyati, E. S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Di Smk Al-Wasliyah (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Hidayati, S. R., Reliani, S. K., & Nasrullah, D. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Yang Berorganisasi Di Fakultas Ilmukesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Akademik 2014-2015 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 3(2), 19-25.

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Komalasari, H., & Irawan, A. T. (2018). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Akper Ypib Majalengka Tahun 2017. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Medisina Akper Ypib, 1-10.

Maghsoudi, A., & Mohammadi, Z. (2016). The Study Of Prevalence Of Chronic Diseases And Its Association With Quality Of Life In The Elderly Of Ewaz (South Of Fars Province), 2014. Navid No, 18(61), 35-42.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.

Mustofa, W., & Setyaningsih, N. (2014). Pengaruh Suasana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Intensitas Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP N 1 Trangkil Tahun Ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sunarsih, T. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Stikes A. Yani Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Uns (Sebelas Maret University)).

Suprapto, S., Malik, A. A., & Yuriatson, Y. (2019). Relationship Of Motivation To Be A Nurse With Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2), 39-43.

Wahyuni, S. (2022). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Akper Ypib Majalengka Tahun 2021. Medisina, 8(2), 22-30.

Published
2024-04-30
How to Cite
Teresa, T., & Milawati, R. (2024). HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI MAHASISWA PERAWAT DENGAN PRESTASI BELAJAR DI KAMPUS “X” DI TANGERANG. Jurnal Keperawatan BSI, 12(1), 16-23. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1581