PENGARUH RESPONSIVENESS PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP
Abstract
Pelayanan yang dilandasi oleh kewaspadaan, kewaspadaan, kecepatan, dan daya tanggap dalam memberikan respon terhadap pasien ketika memerlukan bantuan guna mencapai kepuasan pasien disebut dengan daya tanggap. Kepuasan pasien tidak dapat dipisahkan dari sumber daya manusia yang disediakan oleh rumah sakit, dan perawat merupakan salah satu sumber daya manusia yang dimanfaatkan dalam pemberian pelayanan perawatan. Bukan hal yang aneh jika perawat berfungsi sebagai pengamat kepuasan pasien. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pelayanan itu sendiri merupakan faktor paling signifikan dalam menentukan bagaimana pasien memandang suatu rumah sakit. Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak daya tanggap atau responsiveness perawat terhadap tingkat kepuasan yang dialami pasien. Tinjauan literatur adalah pendekatan penelitian yang digunakan dalam proses pembuatan esai ini. Anda dapat mencari makalah dengan menggunakan Google School dan sumber bibliografi lainnya. Temuan yang dikumpulkan menunjukkan bahwa daya tanggap atau responsiveness perawat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan yang dialami pasien. Kesimpulannya, daya tanggap perawat dan tingkat kesenangan yang dialami pasien sangat erat hubungannya.
Downloads
References
Anjaswarni, Tri. (2016). Konsep Dasar Komunikasi Komunikasi Dalam Keperawatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. E-book. Internet.
Darmawan, Aditya Priyatna. (2022). Komunikasi Terapeutik: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, dan Tahapnya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/09/220000669/komunikasiterapeutik--pengertian-karakteristik-tujuan-dan-tahapnya
Devis, Y. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Jurnal Keperawatan. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/346400/hubungan-mutu-pelayanan-perawat-dengan-kepuasan-pasien-di-ruang-rawat-inap-rumah
Doloksaribu, E.M., Silitonga, E.M., Nababan, D., Siagian, M.T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Sei. Mencirim Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 5 Nomor 2, 1045-1054.
Mundakir. (2016). Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Natassa, J., & Afrizah, -. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(02), 93-98. Retrieved from https://doi.org/10.37859/jp.v7i02.512
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Pedoman. Skripsi, Tesis, dan Instrumen. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Ratnasari, Ida (2017) Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. H. Soewondo Kendal. Other thesis, Universitas Widya Husada Semarang.
Retrieved from
http://eprints.uwhs.ac.id/id/eprint/896
RSUD Haji Surabaya. (2017). Laporan Kinerja BLUD Rumah Sakit Umum Haji Surabaya Tahun 2017, RSUD Haji Surabaya. Retrieved from http://rsuhaji.jatimprov.go.id/images/download/LAP%20KINERJA%20BLUD%20TAHUN%202017.pdf
Sarfika, Rika, dkk. (2018). Buku ajar keperawatan dasar 2 komunikasi terapeutik dalam keperawatan. Padang : Andalas University Press.
Suryani. (2014). Komunikasi Terapeutik : Teori dan Praktik. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Wati, Liza. (2018). Hubungan Antara Reliability dan Responsiveness dengan Royalitas Pasien di Ruang Rawat Inap. Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/311
Wijayanti, A. P., & Febiana, C. (2023). Hubungan Persepsi Perawat Terhadap Kinerja Perawat Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Bsi, 11(1), 29-39. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1105
Wijayanti, A. P., & Febiana, C. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Teras Kesehatan. Politeknik Al-Islam Bandung.