HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA

  • Ida Ayu Gede Tina KomalaDewi Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Ni Luh Putu Dina Susanti Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Anak Agung Istri Wulan Krisnandari D Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
Keywords: kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan orang tua balita, posyandu

Abstract

Posyandu ialah salah satu contoh upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM). Keandalan, daya tanggap, kepercayaan diri, empati, dan departemen yang gamblang di Posyandu digunakan untuk mengukur kualitas perawatan kesehatan yang disediakan di sana. Di Posyandu Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali, penelitian ini berusaha untuk memastikan hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan orang tua balita. Metodologi penelitian cross-sectional menggunakan analisis korelasi. Terdapat 213 responden membentuk seluruh sampel, yang diambil menggunakan prosedur pengambilan sampel non-probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan orang tua balita. Analisis penelitian ini menggunakan Spearmen’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan di posyandu Desa Melinggih Payangan, sebanyak 212 (99,5%) responden menilai kualitas pelayanan posyandu dengan kategori baik. Berdasarkan Kepuasan Orang Tua balita di posyandu Desa Melinggih Payangan, sebanyak 194 (91,1%) responden menyatakan kepuasan tinggi. Kualitas pelayanan kesehatan di Posyandu dikaitkan dengan kepuasan orang tua balita menurut analisis statistik menggunakan korelasi Spearman’s Rho, dengan hasil r = 0,721 dan nilai p < 0,01. Dalam penelitian ini, terdapat korelasi substansial antara kepuasan orang tua balita Desa Melinggih Payangan dengan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan di Posyandu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyani, I. (2019). Gambaran kepuasan ibu hamil pada pelayanan antrenatal care di Puskesmas Somba Opu. [Doktoral skripsi]. Universitas Islam Negeri Aluddin Makasar.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kesehatan Provinsi Bali. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Bali. Bali: Kesehatan Provinsi Bali.

Kesehatan Provinsi Bali 2021. Jumlah Posyandu Perkabupaten Provinsi Bali. Bali: Kesehatan Provinsi Bali.

Lestari, L. (2019). Gambaran tingkat kepuasan ibu balita terhadap pelayanan kesehatan di posyandu wilayah kerja puskesmas Babakan Sari Di Kota Bandung. [Doktoral skripsi]. Universitas BSI Bandung.

Nugroho, H. S. W. (2011). Kualitas layanan kesehatan menurut persepsi konsumen ragam pendekatan riset tentang metode pengukuran kepuasan pelanggan sebagai indikator kualitas layanan kesehatan. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Sumadi, A. F., Mardiyoko, I., Pratama, Y. Y., Dahlan, U. A., Kesehatan, P., Setya, B., Mada, U. G., & Umum, P. (2018). Perbedaan tingkat kepuasan pasien jkn dan pasien umum terhadap mutu pelayanan unit rawat inap. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 427-433.

Sinollah., Masruro. (2019). Pengukuran kualitas pelayanan (serqual- parasuraman) dalam membentuk kepuasan pelanggan sehingga tercipta loyalitas pelanggan pada toko Mayang Collection cabang Kepanjen. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(1).

Widasari., Handayani, H., Novieastari, E. (2019). Kepuasan pasien terhadap penerapan keselamatan pasien di rumah sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43-52.

Published
2024-04-30
How to Cite
KomalaDewi, I. A. G. T., Susanti, N. L. P. D., & Krisnandari D, A. A. I. W. (2024). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA. Jurnal Keperawatan BSI, 12(1), 1-7. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1227