Optimalisasi Pengetahuan Keluarga Dalam Merawat Anak Retardasi Mental Melalui Psikoedukasi Keluarga di Kabupaten Jombang
Abstract
ABSTRAK
Anak dengan retardasi mental memiliki keterbatasan kemampuan kognitif sehingga anak mengalami mengalami ketergantungan. Pengetahuan yang baik tentang retardasi mental sangat diperlukan, agar keluarga dapat memberikan perawatan dan stimulasi yang optimal untuk anak. Psikoedukasi keluarga adalah cara yang dapat meningkatkan pengetahuan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap pengetahuan dalam merawat anak retardasi mental. Desain penelitian ini adalah quasy experimental pre-post test with control group dengan intervensi psikoedukasi keluarga. Populasi keluarga yang memiliki anak retardasi mental di Kabupaten Jombang sejumlah 277. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 140 keluarga dengan pembagian 70 keluarga kelompok kontrol dan 70 keluarga kelompok perlakuan. Variabel independen adalah psikoedukasi keluarga dan variabel dependen adalah koping keluarga dalam merawat anak retardasi mental. Penelitian ini menggunakan uji statistik Wilcoxon pada kelompok perlakuan 0.000 yang dilanjutkan dengan uji beda Mann Whitney yang menunjukkan hasil ρ value (0.000) < α (0.05). Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada pengaruh pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap pengetahuan keluarga dalam merawat anak retardasi mental. Psikoedukasi keluarga memberikan informasi melalui pendekatan psikis tentang perawatan dan stimulasi anak retardasi mental. Pengetahuan keluarga diharapkan meningkat dan dapat diaplikasikan pada perawatan anak sehingga tumbuh kembang anak retardasi mental dapat optimal sesuai dengan kondisinya.
Downloads
References
Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. 2018. Jumlah anak retardasi mental yang tertampung di SLB tahun 2018.
Gyamfi et al. (2009). Family Education and Support Services in System of Care. Journal of Behavioral Disorders. 20(10)
Hadidi, K. 2015. Pengaruh psikoedukasi terhadap pengetahuan, koping, kepatuhan, dan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi menggunakan teori adaptasi roy.
Herminsih, A. R., Barlianto, W. & Kapti, R. E. 2017. Pengaruh terapi family psychoeducation (FPE) terhadap kecemasan dan beban keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan skizofrenia di kecamatan bola kabupaten sikka, nusa tenggara timur. Jurnal Kesehatan Mesencephalon Vol. 3. No. 2.
Kayadjanian et al. 2018. High levels of caregiver burden in Prader-Willi syndrome. Plos one. Journal pone
Kementrian Kesehatan. 2013. Riset kesehatan dasar (RISKESDAS) tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Merdekawati dan Dasuki. 2017. Hubungan Pengetahuan keluarga dan tingkat retardasi mental dengan kemampuan keluarga merawat. Jurnal Endurance 2 (2)
Miranda et al. 2019. Parenting Stress in Mothers of Children With Autism Without Intellectual Disability. Mediation of Behavioral Problems and Coping Strategies. Frontiers in Psychology. Vol 10(464)
Muhith, A. 2015. Pendidikan keperawatan jiwa teori dan aplikasi edisi I. Yogyakarta: Andi.
Potijik, et al. 2019. “…and How Are the Kids?” Psychoeducation for Adult Patients With Depressive and/or Anxiety Disorders: A pilot Study. Frontiers in Psychiatry. Vol 10 No 4
Rosmaharani,Wihastuti,Supriati. 2015. Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan dan Persepsi Beban Keluarga dalam Merawat Anak Dengan Retardasi Mental di SDLB Negeri Kabupaten Jombang. The Indonesian Journal of Health Science. 5(2). P 213-221
Sasono, T. N. & Rohmi, F. 2017. Pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kemampuan keluarga dalam merawat penderita skizofrenia. The Indonesian Journal Of Health Science, 8, 6.
Sheikh et al. 2018. Psychiatric Morbidity, Perceived Stress and Ways of Coping Among Parents of Children With Intellectual Disability in Lahore, Pakistan.Cureus Vol 10 (2)
Spagnolo et al. 2018. Mental health knowledge, attitudes, and self-efcacy among primary care physicians working in the Greater Tunis area of Tunisia. International of Mental Haelyh Systems.vol 12(63).
Tim FIK. 2014. Family psychoeducation therapy. Depok: Universitas Indonesia.
Wulandari, Soeharto, & Setyoadi. 2016. Pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap harga diri rendah dan beban keluarga dengan anak retardasi mental. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4, 21.