Implementasi Pencarian Fulltext Menggunakan Algolia Pada E-Commerce

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sari Susanti

Abstract




Informasi saat ini sangat mudah didapatkan. Informasi mudah didapatkan karena perkembangan teknologi yang semakin cepat. Internet sebagai sarana pengirim informasi sangat mendukung terjadinya pengiriman informasi dengan cepat. Internet telah menjadi media informasi yang digunakan masyarakat dengan banyak kepentingan. Kemudahan mengakses inilah sehingga banyak orang menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu isu penting di era big data adalah membangun sistem informasi yang informatif dan terpercaya yang mampu memenuhi tuntutan pengguna. Sistem informasi yang ada menyediakan layanan pencarian sebagian besar berdasarkan kueri. Pencarian semantik menunjukan kinerja yang lebih baik. Namun, sistem informasi yang ada termasuk sistem semantik tingkat lanjut memiliki kesulitan dalam mempresentasikan dan menentukan data pencarian karena terjadi decay effect. Mesin pencari pada sebuah perusahaan sangat penting karena dengan menggunakan mesin pencari, perusahaan seperti perusahaan e-commerce dapat meningkatan efektifitas calon pembeli untuk mencari sesuatu yang dia butuhkan.Untuk itu dibutuhkan mesin pencari yang dapat digunakan untuk perusahaan. Aplikasi ini dibuat menggunakan model waterfall yang mencakup : analisis, desain, pengkodean dan pengujian. pada website ini menggunakan Algolia sebagai mesin pencari. Pembuatan web ini menggunakan framework laravel sebagai bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan basis data MySQL. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa mesin pencari merupakan solusi untuk masalah pencarian pada perusahaan.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amin, F. (2011). Implementasi Search Engine (Mesin Pencari) Menggunakan Metode Vector Space Model. Dinamika Teknik, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2016.2642979


APJII. (2019). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii.

Choi, S., Seo, J., Kim, M., Kang, S., & Han, S. (2015). Chrological big data curation: A study on the enhanced information retrieval system. IEEE Access, 14(8), 1–9. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2016.2642979

Croft, B., Metzler, D., & Strohman, T. (2011). Search Engines: Information Retrieval in Practice. Pearson Education Limited.

Dessaigne, N., & Lemoine, J. (2019). How Algolia Works. Retrieved June 24, 2019, from https://www.algolia.com/doc/guides/getting-started/what-is-algolia/

Hadi. (2015). Algolia: memasang mesin pencari di situs web perusahaan dan aplikasi mobile untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Retrieved June 24, 2019, from https://inovasi.com/2015/05/20/

Hartono. (2007). Metode Penulisan dan penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: EGC.

Oktavian. (2010). Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan PHP. Yogyakarta: MediaKom.

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Peng, Z., & Plale, B. (2017). A Multi-tenant Fair Share Approach to Full-text Search Engine. In International Workshop on Data-Intensive Computing in the Clouds (pp. 45–50). https://doi.org/10.1109/DataCloud.2016.010

Rasul, J. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi (Quadra).

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Supardi. (2006). Metodologi Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.