APLIKASI PENCARIAN PERATURAN REGULASI P4GN DI BNN JAWA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dadan Ramdan
Ade Mubarok

Abstract

Regulasi P4GN dikeluarkan berupa Peraturan Menteri, Kepala Badan atau Kepala Daerah. BNN Jawa Barat mengelola seluruh regulasi P4GN yang telah dikeluarkan oleh berbagai instansi baik itu Kementerian, Lembaga dan Wilayah. Saat ini jenis pengelolaan yang dilakukan masih berupa pengarsipan dokumen regulasi P4GN. Sehingga menyulitkan pencarian regulasi P4GN dan penelusuran beberapa dokumen regulasi P4GN yang telah dibentuk sebelumnya. Penulis bertujuan membangun sistem informasi berbasis repository yang dapat mengelola arsip regulasi P4GN agar mempermudah proses pencarian regulasi. Metode  pengembangan sistem yang akan digunakan adalah Metode waterfall, sedangkan untuk perancang sistem yang digunakan UML dan pembangunan yang akan digunakan dengan bahasa pemograman PHP. Maka hasil diperoleh pada permasalahan dapat memudahkan Pencarian Peraturan Regulasi P4GN dari berbagai instansi pemerintah baik kementerian, lembaga pemerintah dan pemerintah daerah, disimpan dalam sistem informasi pengelolaan regulasi P4GN Badan Narkotika Nasional ini dan regulasi tersebut dapat dikelola oleh staff Badan Narkotika Nasional untuk menjadi repository.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Badan Narkotika Nasional. (2019, Agustus 12). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Diambil kembali dari Badan Narkotika Nasional: https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/
Endra, R. Y., Rizal, U., & Ariani, F. (2016). E-ARSIP BERBASIS IMAGE ARCHIVES MANAGEMENT PROCESS MODEL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ARSIP. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 22-32.
Fitriani, Y., & Pakpahan, R. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Pada Unit Pelayanan Pajak Dan Retribusi Daerah Palmerah Jakarta . Jurnal Paradigma, 51-56.
Fowler, M. (2015). UML Distilled Second Edition. New York: Addison Wesley.
Hakim, H. B. (2016). OMEKA: APLIKASI PENGELOLA ARSIP DIGITAL DALAM BERBAGAI FORMAT. Jurnal Pengembangan Kearsipan, 23-35.
Hartini, S. (2018). PENDIDIKAN NARKOBA TERHADAP PELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI BEBBAS NARKOBA. Journal LPPM Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Irwansyah, M. (2015). Sistem Informasi Repository Digital Beban Kerja Dosen. Jurnal Edukasi dan Penelitian Teknik Informatika.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetyo, R. T., Ramdhani, Y., & Ali. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Putra, W. S. (2017). UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI (BNNP) JAWA TIMUR DALAM MEMBERANTAS PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KOTA SURABAYA. Jurnal Novum.
Rengkung, R., Sentinuwo, S. R., & Karouw, S. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Repository Berbasis Teknologi Web Component Studi Kasus GMIM Bukit Moria Winangun. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer.