Perencanaan Enterprise Arsitektur Menggunakan Zachman Framework Pada PT XY Marketing Dan Promosi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sukrina Herman
Yunita
Ahsani Takwim

Abstract

 Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula ragam aplikasi yang dibangun untuk menunjang kebutuhan suatu perusahaan. PT XY adalah perusahan yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan produk function. Dalam menjalankan proses bisnisnya perusahaan ini sangat mengutamakan (goods) barang dan (service) layanan yang berkualitas, sehingga menuntut fungsi marketing dan promotion untuk mempunyai strategi dan kinerja pemasaran yang sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Model enterprise architecture yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan enterprise architecture planning (EAP). EAP merupakan suatu metode yang digunakan untuk merancang enterprise architecture dengan memfokuskan pada arsitektur data, aplikasi, dan teknologi untuk mendukung bisnis dan rencana untuk mengimplementasikan arsitektur tersebut. Dalam menggunakan metode EAP nantinya akan menggunakan tahapan planning initation, business modelling, system dan teknologi saat ini, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan rencana implementasi. Dalam perancangan ini menggunakan Zachman Framework. Zachman framework adalah skema yang digunkan untuk klasifikasi pengorganisasian artifak enterprise. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint perencanaan EAP.


 Keywords: EAP, Blueprint, initation, business modelling.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395. http://www.amazon.com
Adhani, M., Abdillah, L. A., Widayati, Q., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., Darma, U. B., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (2015). Analisa dan perancangan sistem informasi penerimaan siswa baru dan pembayaran spp menggunakan zachman framework. 641–647.
Irfanto, R., & Andry, J. F. (2017). PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK ( STUDI KASUS : PT . VIVAMAS ADIPRATAMA ). November, 1–2.
Kurniawan, B., & Kom, M. (n.d.). ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING SISTEM INFORMASI. 9(1), 21–32.
Maryama, S. (2018). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Liquidity, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.132
Slameto, A. A., Utami, E., Pangera, A. A., Magister, M., Informatika, T., Sarjana, P. P., Magister, D., Informatika, T., Sarjana, P. P., Pelaporan, S., & Informasi, T. (2012). ANALISIS DAN DESAIN ARSITEKTUR ENTERPRISE. 37–52.
Spencer, J. (2003). TOGAF -The Open Group Architecture Framework. October.
Yau, O.B. ,2002, An Emprical Investigation of the Impact of Business to Busines Electronic Commerce Adoption on the Business Operation of Hong Kong Manufacturers, First Monday, Vol.7 No.9.
Zachman, J. A. (1987). A framework for information systems architecture. 26(3).