Analisis Perbandingan Discrete Cosine Transform Dan Discrete Wavelet Transform Untuk Kompresi Citra

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ina Najiyah

Abstract

Kompresi citra atau image compression adalah sebuah metode untuk mengkompresi sebuah citra tanpa merusak citra aslinya dengan tujuan untuk memperkecil ukuran atau memory. Banyak metode yang diimplementasikan dalam bidang image compression ini dan metode-metode atau algoritma tersebut tentunya memiliki cara kerja dan hasil yang berbeda. Penelitian ini melakukan image compression dengan membandingkan metode Discreate Cosine Transform dan metode Discreate Wavelete Transform guna diketahui mana metode yang lebih baik dalam hal Image Compression. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 dataset. Alat yang dipakai dalam mencari perbandingan Discreate Cosine Transform dan metode Discreate Wavelete Transform adalah MATLAB versi terbaru. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan nilai PSNR, MSE dan SC dari masing-masing metode. Didapatkan metode yang paling baik adalah discreat wavelete transform dibanding metode Discreate Cosine Transform dengan nilai PSNR sebesar 57.3726 dB, nilai MSE sebesar 0.025593 dan nilai SC sebesar 98.0433.


Kata Kunci: Kompresi Citra, Discreate Cosine Transform, Discreate Wavelete Transform


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Baharuddin. (2016). Perbandingan Kinerja Citra Watermaking Dengan Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transform(DWT) Dan Discrete Cosineus Transform (DCT).
Bahrudiin, A. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Fadlilah, U., Sawitri, D. R., Suprijono, H., & Wulandari, S. A. (2016). PERBANDINGAN KINERJA SISTEM KOMPRESI PADA CITRA DIGITAL RETINOPATHY BERBASIS TRANSFORMASI DFT DAN DCT. JOIN, 77-73.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Pamungkas, R. A., Alfarishi, E., Aditiarna, E., Mukhlisin, A., & Aziza, R. F. (2019). Analysis, Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance. Jurnal MediaInformatika Budidarma, 17-23.
Krasmala, Laras. (2017). Kompresi Citra Dengan Menggabungkan Metode Discrete Cosine Transform(DCT) dan Algoritma Huffman.
Sajati, H. (2018). Analisis Kualitas Perbaikan Citra Menggunakan Metode Median Filter Dengan Penyelesaian Nilai Pixel. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, Angkasa, 41-48.
Yembise, Y. S. (2018, 11 12). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Retrieved from Kementerian Pemberdayaan Perempuan: https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasi-milenia.pdf