PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN REVISIT INTENTION TAMU DI INTERCONTINENTAL BANDUNG DAGO PAKAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

David Jonathan
Yosef Abdul Ghani
Rahmat Priyanto

Abstract

Dampak dari pandemi covid-19 dapat dirasakan oleh seluruh aspek kehidupan, termasuk sektor pariwisata. InterContinental Bandung Dago Pakar pun tak terluput dari ganasnya efek pandemi covid-19 yang mana penurunan tingkat huni yang amat dalam di awal pandemi. Salah satu karakteristik hotel adalah harus dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan sekitarnya, maka dari itu InterContinental Hotel Dago Pakar terus melakukan inovasi guna mempertahankan eksistensi bisnisnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01/07/MENKES/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kembali kepercayaan tamu yang hendak menginap dan juga meningkatkan kunjungan kembali (Revisit Intention) para tamu di InterContinental bandung Dago Pakar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan protokol kesehatan guna meningkatkan Revisit Intention tamu di InterContinental Bandung Dago Pakar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga kuesioner dengan jumlah sample 100 responden sebagai data penguat atau pelengkap dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa InterContinental sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran kementerian kesehatan yang memenuhi kriteria CHSE (Cleanliness, Health, Saefty and Environtment Sustaiability) dengan nilai sempurna. Hal ini sangat berpengaruh kepada minat berkunjung tamu kembali (Revisit Intention) yang mana responden lebih dari 54% menginginkan untuk mengunjungi InterContinental Bandung Dago Pakar di masa yang akan datang selama pandemi covid-19.


The impact of the COVID-19 pandemic has been affected by all aspects of human life, including the tourism sector. InterContinental Bandung Dago Pakar was one of the hotels that effected by the COVID-19 pandemic, which decreased in occupancy rates since the start of the pandemic. One of the characteristics of the hotel is that it must be able to adapt to changes in any unstable conditions, therefore InterContinental Hotel Dago Pakar continues to innovate to maintain its business existence by implementing health protocols as stipulated in the Decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number HK.01/07/MENKES/382/2020 concerning health protocols for the community in public places and facilities in the context of prevention and control. Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). This aims to increase the trust of guests who want to stay and also increase the return visit (Revisit Intention) of guests at InterContinental Bandung Dago Pakar. The purpose of this study was to find out how the application of health protocols to increase guest's revisit intention at InterContinental Bandung Dago Pakar. This research used descriptive qualitative method. The research technique used observation techniques, interviews, and also questionnaires with a sample of 100 respondents as reinforcing or complementary data from the results of interviews and observations. From the results of this study, it can be concluded that InterContinental has implemented health protocols in accordance with the recommendations of the ministry of health that meet the CHSE criteria (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) with perfect scores. This greatly affects the interest in revisiting guests (Revisit Intention) which more than 54% of respondents want to visit InterContinental Bandung Dago Pakar in the future during the covid-19 pandemic.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jonathan, D., Ghani, Y. A., & Priyanto, R. (2021). PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN REVISIT INTENTION TAMU DI INTERCONTINENTAL BANDUNG DAGO PAKAR . Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 95-104. https://doi.org/10.51977/jsm.v3i2.564

References

Azanella, L. A. (2020). Saat Pandemi Covid-19 Berdampak pada Bisnis Perhotelan Saat Ini. Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2020/09/26/102900465/Saat-Pandemi-Covid-19-Berdampak-Pada-Bisnis-Perhotelan-Saat-Ini?Page=all.
Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Https://Covid19.Go.Id/Storage/App/Media/Protokol/2020/Juli/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.Pdf.
Kurnia, R. (2020). Apa Itu Covid-19 dan Apa Saja Teori Konspirasinya?
Leman, N. T. (2017). Pengaruh Experiential Quality Terhadap Revisit Intention Wisatawan Museum Barli Di Bandung [Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung]. http://repository.stp-bandung.ac.id/bitstream/handle/123456789/1181/Nadira Tajhana Leman 201318974-2017 SIP.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nuryadi, A. (2018). Pengaruh Tourist Service Quality Terhadap Tourist Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Revisit Intention Wisatawan Ke Keraton Kasepuhan. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/38587/4/SA%202%20PDF.Pdf, 56.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.