PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TIKTOK SHOP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Euis Clodhia Rahmana
Dasrun Hidayat

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah membawa transformasi signifikan dalam dunia bisnis dan Public Relations. Media sosial, terutama TikTok, menjadi platform yang memainkan peran penting dalam komunikasi online dan pemasaran global. Penelitian ini mengeksplorasi peran Public Relations dalam meningkatkan brand awareness TikTok Shop, bagian integral dari ekosistem TikTok. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami strategi komunikasi, kolaborasi dengan pengguna dan influencer, serta pemanfaatan fitur unik TikTok. Hasilnya menunjukkan bahwa PUBLIC RELATIONS memiliki peran sentral dalam membentuk citra positif, memperkenalkan produk, dan meningkatkan daya tarik TikTok Shop di media sosial TikTok.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv. Syakir Media Press.
Annisa, F., Fadli, M. R., Suherman, N., & Prawira, I. F. A. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Tiktok Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Literatur. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.60036/Jbm.V4i1.Art2
Annissa, J., & Wardani, K. P. (2024). Strategi Edora Sportswear Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Tiktok. Jurnal Komunikasi, 2(1), Article 1.
Derivanti, A. (2022). The Role Of Government Digital Public Relations In Providing Innovative Information To The Public. Commentate: Journal Of Communication Management, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.37535/103003220227
Dewi, Q. D., & Widiasanty, G. (2023). Pengaruh Digital Marketing Instagram Pada Public Relations Scarlett Whitening Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.55047/Jekombital.V2i2.562
Djawa, S. K., & Rahman, W. (2023). Strategi Tiktok Marketing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(3), 184–190. Https://Doi.Org/10.57096/Lentera.V1i3.31
Khairani, F. F., Indriana, L. U., Tirabusky, V. D., Dalimunthe, M. A., & Sazali, H. (2022). The Use Of Tiktok In Increasing Brand Awareness (Case Study On Mie Gacoan Followers In Medan). Jurnal Iso: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.53697/Iso.V2i2.832
Lahus, A. S., Lamatokan, A. F., Meot, H. S., Niha, S. S., & Watu, E. G. C. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. Organize: Journal Of Economics, Management And Finance, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.58355/Organize.V2i2.21
Maghfiroh, M., & Rahmawati, N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness Pada Umkm Rengginang Gr Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.59024/Jnb.V2i1.313
Mirza, J. A., & Sudradjat, R. H. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth ‘Sudut Pandang’ Bandung On Tiktok To Brand Awareness. Daengku: Journal Of Humanities And Social Sciences Innovation, 3(4), 620–628. Https://Doi.Org/10.35877/454ri.Daengku1888
Permatasari, A., & Albari, A. (2024). Analysis Of Public Relations Strategies At Raharja Services Company South Sumatra Branch In Increasing Brand Awareness. Asian Journal Of Management, Entrepreneurship And Social Science, 4(01), Article 01.
Putra, I. P. D. S. S. (2022). Analisis Konten Video Iklan Pada Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Nusantara Hasana Journal, 2(3), Article 3.
Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media Sosial Tiktok Pt Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.59024/Faedah.V1i3.253
Sanjaya, D. A. W. P., & Yuniarti, R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Citra Msglowbeauty Di Tiktok Shop. Caraka : Indonesia Journal Of Communication, 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.25008/Caraka.V4i2.91
Sonani, N., & Sudrajat, A. P. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Sabajaya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.59561/Sabajaya.V1i3.97

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>