SELF DISCLOSURE BAGI PENGGUNA APLIKASI TINDER MAHASISWA ARS UNIVERSITY BANDUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pengungkapan diri merupakan salah satu kunci kesuksesan dari komunikasi interpersonal. Karena dalam pengungkapan diri, komunikator akan mengungkapkan beberapa hal tentang dirinya kepada komunikan. Dalam penelitian ini, beberapa dari mahasiswa ARS University Bandung melakukan pengungkapan diri melalui aplikasi Tinder, yang mana Tinder adalah salah satu media sosial yang sedang trending saat ini di kalangan anak muda. Dikenal sebagai aplikasi pencarian jodoh, maka dari itu perlu diketahui bagaimana penggunaan Tinder dan bagaimana self disclosure yang dilakukan melalui aplikasi Tinder tersebut pada kalangan mahasiswa ARS University Bandung. Fokus dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengungkapan diri yang dilakukan oleh mahasiswa ARS University tersebut. Untuk menjabarkan fokus penelitian tersebut, metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu deskriptif kualitatif, yaitu dengan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada beberapa mahasiswa ARS University yang aktif menggunakan aplikasi Tinder. Teknik analisis yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Budyatna, M. dan L. M. G. (2011). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT. Prenada Media Grup.
Cessia, K., & Lestari, S. (2017). Pemahaman Pengguna Media Sosial Tinder terhadap Fenomena Kencan Online untuk Menjalin Hubungan Romantis Bagi Penggunanya. Interaksi Online, 6(1). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/19116
Febyantari, R. (2019). Instagram Story Sebagai Bentuk Self Disclosure Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. Mediakom, 2(2), 159. https://doi.org/10.32528/mdk.v2i2.1928
Jalaludin, R. (2007). Psikologi Komunikasi. Retrieved from Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja%0A%0ARosdakarya%0A
Marhaeni Fajar. (2009). ILMU KOMUNIKASI: TEORI & PRAKTIK. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber. Kencana Prenada Media, Vol. 8, p. 55.
Sari, dewi rosita. (2015). Studi Deskriptif Tentang Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tinder Dalam Mennjalin. Ilmu Komunikasi.