STRATEGI KOMUNIKASI TUTOR DENGAN PESERTA DIDIK TUNANETRA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MENJADI BARISTA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh tutor dengan para peserta didik penyandang tunanetra pada saat menerapkan pembelajaran menjadi barista kopi, yang kita ketahui dalam menerapkan pembelajaran kepada orang berkebutuhan khusus akan jauh lebih sulit dibandingkan menerapkan pembelajaran kepada orang normal pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif dengan penerapan teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara lebih mendalam dan observasi kelapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa tahapan penting yang harus di terapkan oleh tutor dengan tujuan untuk memudahkan tutor dalam melakukan strategi diantaranya, memahami karakter,rasa nyaman, singkat dalam pembahasan, melakukan pengulangan serta bahasa yang digunakan oleh tutor dengan menggunakan bahasa verbal dan nonverbal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Budyatna, Muhammad. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Creswell, Jhon H. 2017. Research Design :Qualitative,Quantitative, and Mixed Methode. United States of America: Sage Inc.
Effendy, Uchjana Onong. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A. A., & Suwandi, A. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta Timur : Luxima.
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ritzer, George, 2003, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.