PENGARUH CYBER PUBLIC RELATIONS TERHADAP CITRA MECIMAPRO DI KALANGAN PELANGGAN (STUDI KASUS PENGGEMAR SEVENTEEN)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anita Nurul Syifa
Maya Retnasary

Abstract

Cyber public relations menjadi sebuah kegiatan populer yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi dalam melakukan engagement dengan publiknya. Salah satu fungsi cyber public relations adalah menjaga atau membentuk citra perusahaan lewat dunia cyber atau digital. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh banyak promotor musik. Promotor musik merupakan seorang atau perusahaan yang membantu mempermudah menyelenggarakan sebuah acara konser musik, publik dari perushaan promotor musik adalah penggemar yang mana biasanya penggemar memiliki loyalitas yang cukup tinggi maka perusahaan promotor juga perlu memiliki citra yang baik di mata penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk seberapa besar pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Citra Mecimapro di Kalangan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif deskriftif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel (5.749 > 2.067) dan signifikansi (pvalue) 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, Berdasarkan hasil penelitian pengaruh variabel cyber public relations terhadap citra perusahaan mecimapro adalah sebesar 38,4%. Dari analisis regresi sederhana menunjukan bahwa cyber public relations terhadap citra perusahaan mecimapro terlihat bahwa Cyber Public Relations (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Citra perusahaan mecimapro (Y). Berdasarkan hasil uji hipotesis besar pengaruh cyber public relations terhadap citra perusahaan mecimapro sebesar 0,619 atau setara 61,9%, dengan interpretasi Cyber Public Relations (X) memiliki pengaruh yang kuat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abidin, D. yusuf Z. (2015). Metode Penelitian Komunikasi penelitian kuantitatif: Teori dan Aplikasi. CV Pustaka Setia.
alma, prof. D. B. (2009). PENGATAR STATISTIKA SOSIAL (pristiwanto (ed.); 8th ed.). Alfabeta.
Apriananta, Y. J., & Wijaya, L. S. (2018). Penggunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikatif, 7(2), 187–209. https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.1750
Aprinta E.B, G. (2014). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. The Messenger, 6(1), 1–7.
Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relation Pengantar Komprehensif ( siti nunik Nurbaya (ed.); 4th ed., p. 216). Simbiosa rekatama media.
Bachtiar, Y. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Citra ( Studi kasus Yayasan Putri Indonesia ). Studi Kasus, 1, 8.
Mulyadi, M. (2012). RISET DESAIN DALAM METODOLOGI PENELITIAN Mohammad Mulyadi (. Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71–80.
Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–9.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif.
Yananingtyas, H. Z. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212.
Yazid, T. P., Rasyid, A., & Hatika, M. (2022). Pengaruh Cyber Public Relations terhadap Citra Perguruan Tinggi Swasta Terfavorit di Provinsi Riau. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5734–5743. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3417