PENGARUH PELAYANAN SATUAN DARURAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG
Main Article Content
Abstract
Kepuasan pasien diartikan sebagai respon pelanggan dari ketidak sesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakah oleh pasien ataupun kepuasan terhadap suatu layanan setelah pemakaian. Ada faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu aspek daya tanggap, empati, bukti nyata, jaminan dan kehandalan. Tetapi penulis sangat tertarik mengangkat topik pengaruh aspek kehandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat sebab aspek tersebut merupakan aspek yang berpengaruh terhadap kepuasa pada instalasi gawat darurat di rumah sakit Muhammadiyah bandung. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien IGD di RS Muhammadiyah Bandung dari aspek kehandalan, 2) untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien IGD di RS Muhammadiyah Bandung dari aspek jaminan, 3) untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien IGD di RS Muhammadiyah Bandung dari aspek daya tanggap. Hasil penelitian meunjukan aspek kehandalan, jaminan dan daya tanggap secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit Muhammadiyah Bandung.
Patient satisfaction is defined as the customer's response to the discrepancy between the previous level of importance and the actual performance felt by the patient or satisfaction with a service after use. There are factors that influence satisfaction, namely aspects of responsiveness, empathy, tangible, assurance and reliability. But the author is very interested in raising the topic of the influence of aspects of reliability, responsiveness and assurance on patient satisfaction in the emergency department because these aspects are aspects that affect satisfaction in the emergency department at the Muhammadiyah hospital in Bandung. The purposes of this study were 1) to determine the effect of ER patient satisfaction at Muhammadiyah Bandung Hospital from the aspect of reliability, 2) to determine the effect of ER patient satisfaction at Muhammadiyah Bandung Hospital from the assurance aspect, 3) to determine the effect of ER patient satisfaction at Muhammadiyah Bandung Hospital from responsiveness aspect. The results of the study show that aspects of reliability, assurance and responsiveness together have an influence on patient satisfaction in the emergency department of Muhammadiyah Hospital in Bandung.
Article Details
Section
How to Cite
References
Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/687
Atmini, N. D., & Farawati, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Kecamatan Semarang Utara. 4(1), 69–78.
Budi, I. S., Octavia, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh inovasi produk , harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Honda Beat di Kota Jambi. 7(2), 59–72.
Chabibi, I., Hasiholan, L. B., & Harini, D. C. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Pembelian Sebagai Intervening (Studi Kasus Dealer Jaya Motor Semarang).
Djauharuddin, A., Machmud, M., Muslimin, U., & Aryuni, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Pt.Tunas Dwipa Matra Cabang Parepare. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(4), 641–651. https://doi.org/10.37476/akmen.v17i4.1235
Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT . Hasjrat Abadi Tobelo. 9(1), 128–136.
Erlangga, H., Nurjaya, Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Asmani. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di Pt Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. 1.
Haryani, S., & Sirajuddin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Sepeda Motor Pada Cv . Sulteng Motor Palu. 6, 146–152.
Hulima, J. S. P., Soepeno, D., & Tielung, M. V. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wardah Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 11–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Khoiriyah, R., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat (Studi Kasus Pada Masyarakat Wadungasri Sidoarjo).
Kompas.com. (2020). Perjalanan Honda Beat jadi skutik terlaris di dunia. https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/16/164500015/perjalanan-honda-beat-jadi-skutik-terlaris-di-dunia?page=all
Lila, S. I., Winerungan, R. R., & Angmalisang, S. I. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Pada Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Di Pt. Tuna Dwipa Matras Pos Tondano. 1(1).
Lupiko, R. F., & W, H. D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Supra X 125. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 1–10.
Makanoneng, R., Mananeke, L., & Loindong, S. S. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Pada Konsumen PT.Hasjrat Abadi (Studi Pada Pengguna Yamaha Mio Di Kecamatan Tuminting. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 350–361.
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Reationship Managemet Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis). 1, 102–115.
Ramli, rimayang anggun laras prastianty, & Silalahi, R. yanto batara. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan mobil toyota yaris di wilayah batam. 7(1).
Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. XVI(1).
Sechrina, N. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Survey Pada CV. Subur Jaya Tasikmalaya).
Sulaeman, A., Komarudin, & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada Pt. Kawan Sakti. 1(1), 68–75.
Suyaman, D. J., Andriani, E. F., Alifiana, S., Juniar, D., & Azzahra, F. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Satria F150 (Survei pada Komunitas Suzuki Satria F150 Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 472–587. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.361
Tuju, R. E., & Loindong, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Hasjrat Abadi Di Manado Effect Of Service Quality And Yamaha Motorcycle Products On Customer Satisfaction Of Pt . Hasjrat Abadi In Manado. 6(3), 1798–1807.
Utama, D. C., Raharjo, A., Arista, R., & Fitriyanto. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi. 3(7), 767–779.
Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.