HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PEMBERIAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN
Abstract
Ketika kualitas pelayanan medis yang mereka terima memenuhi atau melebihi harapan mereka, pasien akan bahagia, begitu pula sebaliknya. Harapan klien dan komunikasi perawat berbeda, yang menyebabkan ketidakpuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik pada saat pemberian obat dengan tingkat kepuasan pasien RS X. Penelitian ini menggunakan metodologi cross-sectional dan strategi analitis korelatif. Populasi penelitian adalah 53 pasien yang menerima perawatan di Rumah Sakit X. Sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 48 pasien. Pengambilan sampel nonprobabilitas yang dikombinasikan dengan metodologi pengambilan sampel kuota merupakan strategi pengambilan sampel yang digunakan. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan Spearman Rank dengan α = 0,05 digunakan untuk analisis. Di antara 28 orang dalam penelitian yang memiliki komunikasi terapeutik yang tidak memadai, 14 pasien (atau 50%) melaporkan merasa kurang puas, 13 pasien (46,4%) melaporkan merasa cukup puas, dan 1 pasien (atau 3,6%) melaporkan merasa puas. Uji Spearman Rank menunjukkan nilai ρ = 0,001 < α=0,05 yang menunjukkan adanya hubungan antara komunikasi terapeutik pada saat pemberian obat dengan kepuasan pasien di rumah sakit.
Downloads
References
Lestari, Sri. (2016). Farmakologi dalam keperawatan. (http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Farmakologi-dalam-Keperawatan-Komprehensif.pdf)
Mundakir. (2016). Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Pedoman. Skripsi, Tesis, dan Instrumen. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Sari, L., & Suminar, E. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dalam Pemberian Obat dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Indonesian Journal Of Professional Nursing, 1(2), 54-62. doi:10.30587/ijpn.v1i2.2304
(https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2304/1473)
Suryani. (2014). Komunikasi Terapeutik : Teori dan Praktik. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Susiwi. (2014). Hubungan antara perawat dalam serah terima dengan kejadian keselamatan pasien d ruang inap pepaya di RSUD Cengkareng Jakarta Barat. Universitas Esa Unggul.
Tampubolon, L., & Pujiyanto. (2020). Analisis penerapan prinsip keselamatan pasien dalam pemberian obat terhadap terjadinya medication error di Rawat Inap Rumah Sakit X Tahun 2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(3).
(https://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/view/2494/980)
Wijayanti, A.P., & Febiana, C. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien: The Relationship Of Nurse Therapeutic Communication With Patient Satisfaction. Jurnal Teras Kesehatan, 7(1), 6–10. (https://doi.org/10.38215/jtkes.v7i1.124)
Wijayanti, A.P., & Sulaeman, D. (2014). Pengaruh Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi. Jurnal Kesehatan Politeknik Piksi Ganesha Vol. 4 No 1 Juni 2014 ISSN 2088-2653.
(http://scientific-journals.net/Journal/MEDKES_4_1_1_JUNI2014_ANITA.php)