Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus: Yayasan Nurul Iman Al-Islamy)

Authors

  • Muhammad Badruzaman Syapi’i Universitas BSI
  • Iis Iskandar Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai. Populasi semua Pegawai Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Islamy Cibaduyut Kota Bandung sebesar 200 Pegawai. Dengan teknik sampling, diperoleh sampel sebanyak 60 pegawai. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 2) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 4). Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan kinerja PegawaI. Hal yang penting adalah memberikan pujian dengan memberikan sertifikat sebagai pegawai berprestasi. Oleh karena itu diupayakan terus mendorong kinerja pegawai dengan pemberian salah satunya bonus, bagi karyawan yang berkinerja tinggi.

References

Abdullah, D., Herawati, & Herliana. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Siswa SMP Islam Swasta Darul Yatama Berbasis Web. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 4(1), 39–44. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1325/1313

Cassandra, C. (2015). Pengembangan Model Sistem Informasi Aplikasi Helpdesk Online PT. Mustika Memadata. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(2), 173. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i2.2262

Darmawan, D., & Senjaya, W. (2017). Sistem Aplikasi Helpdesk Online Berbasis Web Pada PT XYZ. Teknik Dan Ilmu Komputer, 07(25), 79–96. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.4432-12.2013

Indrajit, R. E. (2013). Evolusi perkembangan teknologi informasi. 7(C), 1–5.

Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pranoto, Hakim, F. N., & Utomo, V. G. (2015). Perancangan Aplikasi Helpdesk Servis Software Dan Hardware Berbasis Web (Studi Kasus : PT. Karya Zirang Utama Semarang). Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(3), 59–67.

Rico. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi It- Helpdesk ( Studi Kasus : Pt . Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry ). Teknologi Informasi, 10(2), 296–305.

Verawati, L. (2018). P E R AN G K AT L U N A K H E L P DE S K T I C K E T I NG BERBASIS WEB DI PT . MEPROFARM BANDUNG. 11(2).

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus: Yayasan Nurul Iman Al-Islamy). (2020). Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 2(1). https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/236