Praktik Konsinyasi dan Branding Produk untuk Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa dalam Eduprener Center

Authors

  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Bagus Cahyanto Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.51977/jsa.v6i2.1745

Keywords:

praktik konsinyasi, branding produk, kewirausahaan mahasiswa

Abstract

Tulisan ini berisikan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang ditunjukkan untuk meningkatkan aktivitas kewirausahaan mahasiswa Prodi PGSD melalui pelatihan kewirausahaan untuuk branding produk berbasis konsinyasi. Pada pelaksanannya pelatihan diwujudkan dalam kegiatan workshop dengan pola on-in-on secara blended (offline dan online) dengan materi tambahan terkait branding produk yang difasilitasi oleh mitra dari Sahabatukm.id. Selama pelaksanaan kegiatan, data dikumpulkan melalui kuisioner, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan hasilnya dianalisis melalui teknik SWOT secara deskriptif. Hasilnya branding enam produk usaha mahasiswa berhasil dilakukan dan dikonsinyasikan dalam Eduprener Center. Selama kegiatan ini diperoleh peningkatan aktivitas kewirausahaan mahasiswa berdasarkan keberhasilan branding, keberhasilan konsinyasi, dan progress keuntungan usaha yang dicapai dalam kategori baik. Dari segi teknis, materi, kebermanfaatan, dan luaran kegiatan mendapatkan penilaian sangat baik dari mahasiswa dalam pengembangan usahanya pada Eduprener Center.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Praktik Konsinyasi dan Branding Produk untuk Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa dalam Eduprener Center. (2024). Jurnal Sosial & Abdimas, 6(2), 85-94. https://doi.org/10.51977/jsa.v6i2.1745