KONSTRUKSI CITRA PEREMPUAN DALAM VIDEO SUPPORT GIRLS EDUCATION PADA CHANNEL GITA SAVITRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yasinta Marwasri Tamonob
Ferly Tanggu Hana
Juan Ardiles Nafie

Abstract





Abstrak


Media massa seperti youtube dapat memberikan bagaimana gambaran atau representasi realitas yang dalam masyarakat. Dimedia massa, perempuan direpresentasikan sebagai sifat peduli, emosional, kemampuan sosial, orientasi keluarga, sementara laki-laki diposisikan sebaliknya. Karena adanya konstruksi perempuan yang sering melenceng dibangun dalam masyarakat, terkadang membuat perempuan akhir kesulitan dalam berbagai aspek baik pekerjaan maupun pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana konstruksi citra perempuan dalam video why we should support girls edication pada channel Gita Savitri menggunakan analisis Semiotika Ferdinand De Saussure. Metode Penelitian yang digunkan adalah kualitatif dengan teknik analisis semiotika Ferdinand De Saussure dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yaitu konstruksi citra perempuan dalam video menunjukkan bahwa pendidikan perempuan masih dinomor duakan karena streotip bahwa beban kerja seorang perempuan hanya pada ranah domestik saja atau rumah tangga. Perempuan dianggap hanya mempunyai tugas untuk mengurus dan merawat anak serta suami. Selain itu orang tua juga ikut turut andil dalam proses terbentuknya streotip dan sistem patriarki dalam keluarga, dari bagaimana tindakan yang diambil orang tua dengan menikahkan anak perempuan yang seharusnya masih dalam masa pendidikan.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tamonob, Y. M., Hana, F. T., & Nafie, J. A. (2022). KONSTRUKSI CITRA PEREMPUAN DALAM VIDEO SUPPORT GIRLS EDUCATION PADA CHANNEL GITA SAVITRI. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(2), 50-55. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i2.826

References

REFERENSI
Astuti, S. 2006. How To Do Media and Cultural Studies: Panduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: Benteng.
Kriyantono, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Nasrullah, R. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugroho, R. 2011. Gender dan Strategi Pengarus-utamanya di Indonesia.Jakarta: Pustaka Pelajar.
Pengguna Youtube Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia. 2022. diakses dari https://dataindonesia.id
Priandono, T. 2016. Komunikasi Keberagaman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Grub Penerbit CV Budi Utama.
Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita, Persfektif Sajak-sajak Toeti Heraty. Bandung: Nuansa.
Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.
Sobur. 2015. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tinambunan, T.M, Siahaan, C. 2022. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 2686-178X. https://ojs.uniska-bjm.ac.id