ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DAN AGAMA DI KAMPUNG TOLERANSI GANG LUNA KOTA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Samiaji Samiaji
Diny Fitriawati

Abstract

Kota Bandung merupakan kota yang mempunya beragam corak kebudayaan yang berbeda dan berbagai macam agama didalamnya.  Maka diciptakan nya Kampung Toleransi Gang Luna di wilayah kota BandungKampung toleransi terjadi tentu saja karena adanya komunikasi yang berjalan dengan baik, baik komunikasi antar budaya maupun agama. Hubungan antara Budaya dan kehidupan beragama merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sistem budaya umat manusia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antar Budaya dan Agama di Kampung Toleransi Gang Luna Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan menggunakan face negotiation theory. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini komunikasi yang terjadi terdiri dari proses komunikasi dan pola komunikasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Indiraphasa, N. S. (2021). Gang Luna, Kampung Toleransi di Kota Bandung. Diambil kembali dari https://nu.or.id/nasional/gang-luna-kampung-toleransi-di-kota-bandung-RGkLH\
Marwati, I. L. (2020). Komunikasi Antarumat Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan (Studi Kasus Pada Masyarakat Dukuh Sodong, Desa Gelangkulon, Sampung, Ponorogo). Jurnal Komunikasi.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi, Komunikator, Pesan, Percakapan dan Hubungan (Interpersonal). Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhammad. (2020). Hubungan Agama dan Budaya Pada Masyarakat Gampong Kereumbok Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Jurnal Komunikasi, 85-96 pada https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/substantia/article/view/7769
Neuman, W. L. (2015). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.
Purwasito, A. (2002). Komunikasi Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Putri, N. A. (2019). Perancangan Informasi Gang Luna Sebagai Kampung Toleransi Melalui Media Buku Ilustrasi. Perancangan Informasi.
Thill, B. (2010). Business Communication Today. New Jersey: Pearson Education, Inc.