KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE GLORY SHOES TERHADAP SIKAP EMOSI PELANGGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Prima Aulia Nugraha
Diny Fitriawati

Abstract

Baik buruknya kinerja customer service akan memberikan citra terhadap nama perusahaan karena profesi ini sebagai garda depan untuk menghadapi setiap pelanggan. Untuk menghadapi pelanggan customer service akan dihadapkan dengan situasi komunikasi interpersonal dan melibatkan sikap emosi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan tanggapan komunikasi interpersonal customer service Glory Shoes terhadap sikap emosi pelanggan. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan menggunakan teori kecerdasan emosional atau emotional intelligence theory. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Komunikasi interpersonal dalam aktivitas customer service Glory Shoes sangat penting untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi Fenomenologi. Penelitian kualitatif bersifat lebih fleksibel karena dalam studi ini membiarkan atau mempersilakan sikap spontanitas yang luar biasa dan adaptasi interaksi antara peneliti dan partisipan (Hashemnezhad. 2015). Fleksibilitas ini dapat dilihat dari penggunaan pertanyaan terbuka yang mendorong partisipan merespons dengan bebas sesuai dengan bahasa mereka. Artinya, respons yang diperoleh tidak hanya sebatas jawaban “ya” atau “tidak”. Yang mana penelitian ini menjadikan sebuah hubungan terjalin antara peneliti dan informan bersifat cenderung tidak kaku. Karena tujuan penelitian ini mengetahui komunikasi interpersonal dan bagaimana seorang customer service Glory Shoes dalam menyikapi emosi pelanggan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aw, S. (2005). Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.
Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonl, ed. ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, ed. ke-17. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Cornella, L., & Rahadi, D. R. (2020). Emosi Konsumen Dalam Mendukung Kepuasan Pembelian Secara Online Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 1(1), 1-10
De Araujo, V. D. F., & Malau, R. M. U. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Jasa Pos Di Kantor Pos Bandung Jalan Asia Afrika. eProceedings of Management, 6(3).
Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Commuication Book 13th Edition. United States of America : Person EDucation, inc.
Foss, S. W. (2016). Ensiklopedi Teori Komunikasi, Ed. ke-1, Terjemahan : Tri Wibowo BS. Jakarta: Kencana
Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk, Teori Dan Praktek , Terjemahan : Alexander Sindoro . Jakarta: Interaksa.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Tingg Daripada EQ. Terjemahan : T.Hermay. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2001). Emotional Inteligence Untuk mencapai Puncak Prestasi, Terjemhan : ALex Tri K.W. Jakarta: Pt.Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2016). Emotional Inteigence, Terjemahan: T. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hashemnezhad, Hossein. 2015. Qualitative Content Analysis Research: A Review Article. Journal of ELT and Applied Linguistics, Vol. 3 Issue 1. Hlm. 54—62.I
Ida, O. (2014, Juli 22). Pengertian E-Marketplace. Retrieved 2022, from tokokhalista: https://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/18/pengertian-emarketplace/
idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.