PEMAHAMAN REMAJA MENGENAI KESETARAAN GENDER MELALUI IKLAN GOPAY X ALFAMART #KEBAHAGIAANKECIL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eli Susana
Lisa Nurjanah
Rita Herlina

Abstract

Artikel ini membahas mengenai iklan kampanye kreatif yang dilakukan oleh Alfamart dan GoPay dalam mengangkat permasalahan mengenai kesetaraan gender, khususnya dalam ranah domestik. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman kesetaraan gender dari remaja laki-laki kota Bandung. Dari data primer yang diperoleh melalui wawancara, dapat dihasilkan bahwa iklan kampanye kreatif Alfamart x Gopay #KebahagiaanKecil ini sudah mampu memberikan pemahaman yang baik mengenai gender dan kesetaraan gender, sehingga iklan kampanye kreatif ini juga layak untuk dijadikan acuan singkat dalam memahami kesetaraan gender, khususnya dalam rumah tangga.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anggani, C. H. (2014). Pengaruh program kampanye “Say No to Plastic Bag” oleh The Body Shop terhadappartisipasimasyarakat. Jakarta: Universitas Moestopo (Beragama). Wacana, 13(2).
Ardelia, T. N. (2022). RepresentasiKesetaraan Gender Pada IklanAlfamart X GoPay# KebahagiaankecilUntuk Kita Semua. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 3(2), 139-150.
Bangun, B. H. (2020). Hak Perempuan dan Kesetaraan Gender dalam Perspektif Filsafat Hukum. Pandecta Research Law Journal, 15(1), 74-82.
Berger. R.Charles, Michael E. Roloff, Roskos R.aid, (2011), A Handbook of Communication Science, Kampanye Komunikasi : Handbook Ilmu Komunikasi, Nusa Media,.
Dalimoenthe, I. (2020). Sosiologi Gender. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitrah, Muh., &Luthfiyah. (2017). Metodologipenelitian: Penelitian kualitatif, Tindakan kelas& studi kasus. Sukabumi, Indonesia: Jejak Publisher.
Hermawati, T. (2007). Budaya Jawa dan kesetaraan gender.
Hidayat, D., Christin, M., &Nur’aeni. (2022). Teori Komunikasi. Bandung: Simbiosa.
Gunawan, J. A. (2021). Penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!” (Doctoral dissertation, Widya Mandala Surabaya Catholic University).
Kotler, Philip dan AB. Susanto. (2003). ManajemenPemasaran, edisikeduabelasjilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. JurnalKomunikasi, 9(1), 109-117.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 13(2), 116-129.
Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(2).
Rosita, R., & Fadhlain, S. (2022). EfektivitasKampanye Anti Narkoba Dalam MemberikanPemahamanBahayaNarkoba Bagi Siswa SMA Negeri 1 TapaktuanKabupaten Aceh Selatan. JIMSI: JurnalIlmiahMahasiswaIlmuKomunikasi.
Stephanie, A., &Yogananti, A. F. (2019, September). Peran Laki-Laki dalamKesetaraan Gender pada Iklan Go Pay x Alfamartversi “# Kebahagiaan Kecil”. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2019 (pp. 99-106). State University of Surabaya.
Ramandey, N. R. (2019), Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat Dari Perspektif Gender, Yogyakarta.