ANALISIS LABA BERSIH DAN TOTAL ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwinta Mulyanti
Syifa Audina

Abstract

Return yang tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya keuntungan perusahaan, arus kas, kondisi internal perusahaan dan lain lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Laba Bersih dan Total Arus Kas terhadap Return Saham pada perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan selama 5 tahun. Hasil uji hipotesis Laba Bersih secara simultan dan parsial tidak berpengaruh terhadap Return Saham, sedangkan untuk variabel Total Arus Kas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham, tetapi secara simultan tidak berpengaruh terhadap Return Saham.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyanti, D., & Audina, S. (2022). ANALISIS LABA BERSIH DAN TOTAL ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM. Jurnal Financia : Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 45-55. https://doi.org/10.51977/financia.v3i2.759

References

Ardhianto, W. N. (2019). Buku Sakti Pengantar Akuntansi. Quadrat.
Aryaningsih, Y. N., Fathinu, A., & Cicik Harini. (2018). Pengaruh Return On Asset (Roa), Return On Equity (Roe) Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Return Saham Pada Perusaahn Consumer Good (Food And Beverages) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2013-2016.
Azis, D. M., Mintarti, P. D. S., & Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. In Manajemen Investasi. https://www.google.co.id/books/edition/M anajemen_Investasi_Fundamental_Teknika l/QUn_CAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=r eturn+saham&printsec=frontcover
Cahyono. (2017). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Laba Bersih Pada Pt Aneka Tambang Tbk. www.idx.co.id
Ghazali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.
Harahap, S. S. (2015). Analisis kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Salemba Empat.
Harjito, A., & Martono. (2011). Manajemen Keuangan, Edisi Kedua Cetakan Pertama. Ekonisa.
IAI. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat.
Kartika, L. D., Sulistyani, T., & Purwacasila, R. (2016). Analisis Pengaruh Laba Bersih, Total Arus Kas, Firm Size Dan Price To Book Value (Pbv) Terhadap Return Saham (Studi Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Tahun. 7(2), 77–90.
Kasmir. (2016). Analis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Grapindo Persada.
Pura, R. (2013). Pengantar Akuntansi 1. Jakarta : Erlangga.
Rahardjo, B. (2010). Laporan Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Gajah Mada University Press.
Rahayu, A., Mahsuni, A. W., & Junaid. (2019). Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Razak, L. A., & Syafitri, R. (2018). Pengaruh Laba Akuntansi, Total Arus Kas, Dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 1.
Subhan, & Suryansyah, A. (2019). Analisis Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Saham Pada Galeri Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi Universitas Madura. In Aktiva Jurnal Akuntansi Dan Investasi (Vol. 3, Issue 1).
Sugiono, Arief & Andrianto. (2017). Pengaruh Antara Laba Bersih, Total Arus Kas, Roe, Per Dan Eps Terhadap Return Saham (Studi Empiris terhadap 22 perusahaan consumer goods yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2007-2010) (Vol. 5, Issue1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA\
Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Invsestasi. Teori dan Aplikasi. LPEE UI.
Yovelyn, A., & Christiawan, Y.J. (2016). Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas dan Laba Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Berkapitulsi Besar.