UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Catur Martian Fajar
Alla Sifa Consa
Dwinta Mulyanti

Abstract

Tujuan utama suatu perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya adalah untuk memaksimalkan kemakmuran pemilik atau pemegang saham dengan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan dann Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif melalui perhitungan pengolahan data menggunakan program SPSS. Rancangan analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak terdapat pengaruh secara signifikan kearah positif terhadap nilai perusahaan dan leverage memiliki pengaruh secara signifikan kearah negatif terhadap nilai perusahaan. Secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fajar, C. M., Consa, A. S., & Mulyanti, D. (2023). UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN. Jurnal Financia, 4(2), 55-65. https://doi.org/10.51977/financia.v4i2.1224

References

Alshifa, K. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Harga Saham Sektor Infrastruktur, Utilitas, Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Accounting Global Journal, 5(1), 34–51.
Aminah, S. (2019). Pengaruh Current Ratio, EPS, dan ROE Terhadap DER pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2017. 4(2), 15–24.
Arief Sugiono. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT Grasindo.
P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 74. 2
Elvina, D., Rismala, L. I., & Sunardi, N. (2021). Analisis Penetapan Struktur Modal yang Optimal untuk Meningkatkan Nilai Perusahaan. 5(1), 13–24.
Fahmi, R. Z., Sjahruddin, H., Astuti, N. P., & Syakhrun, A. M. (2016). Pengaruh Kecukupan Modal dan Penyaluran Kredit Terhadap Profitabilitas Perbankan. Jurnal Ilmiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), XIX, 27– 43.
Hery. (2017). Kajian riset akuntansi : mengulas berbagai hasil penelitian terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan. In Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang /
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan (catatan ke). Jakarta : PT Grasindo. Himawan, H. M. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2016- 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb Universitas Brawijaya, 25–27.
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66. ht
Juliningtias, D. (2019). Pengaruh Earning Per Share dan Price to Book Value terhadap Harga Saham Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 81–90. Jusmansyah, M. (2022). Pengaruh Current Ratio, Return on Equity, Total Asset Turn Over, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (2022). 11(1), 40–56.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. In Biomass Chem Eng (Vol. 3, Nomor 2). Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Laveda, M., & Khoirudin, R. (2020). Analisis nilai perusahaan sektor barang konsumsi periode 2015-2019. Jurnal INOVASI, 16(2), 223–232.
Lyna Yuliana, & Yuyetta, E. N. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 ). Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, 6(3), 1–13.
Mulyanti, D., & Desviranti, A. (2020). Peran Net Profit Margin Dalam Menilai Kinerja Keuangan. Jurnal Financia: Akuntansi dan Keuangagan, 1(1), 9–17.
Nazir, & Agustina, N. (2018). Pengaruh Firm Size, DER, ROA dan Current Asset terhadap Price Value pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil di Indonesia. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694.
Nugraha, E. S., & Sulasmiyati, S. (2017). Analisis Nilai Intrinsik Saham Dengan Relative Valuation Techniques (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2016). Jurnal Akuntansi Bisnis, 52(1), 106–113.
Owa, E., Purwanto, N., & Sari, A. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Income Smoothing terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. 2(1), 159–179.
Purnaya, I. G. K. (2016). Ekonomi dan Bisnis. Edisi Kesatu (P. Chistian. (ed.)). Yogyakarta Andi Offset 2016. Ramadhani, H. (2016). Analisa Price Book Value dan Return On Equity serta Deviden Payout Ratio Terhadap Price Earning Ratio. Forum Ekonomi, 18(1), 34–42.
Rosalia, J., Utami, W. B., & Pratiwi, D. N. (2022). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 22(2013), 1–9.
Sari, I. N. I. (2018). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Dan Sales Growth Terhadap Kesulitan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2016.
Sartono, A. (2017). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi: Edisi 4. (Vol. 4, Nomor 1, hal. 1–526)
Setianto, B. (2016). Prospek Investasi 2016 Semen Baturaja Tbk per Laporan Keuangan Q2 2016. October, 2016.
Simangunsong, E. S., Karamoy, H., & Pusung, R. J. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Konstruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 13(02),
Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 757.
Tryfino. (2016). Cara Cerdas Berinvestasi Saham (J. Transmedia (ed.)). Transmedia, Jakarta.
Wangsih, E., Prasetyo, B. H., & Widyowati, M. P. (2021). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Akuntansi, 8(3), 1–13. Widiastari, P. A., & Yasa, G. W. (2018). Pengaruh_Profitabilitas_Free_Cash_ Flow_dan_Ukuran_perusahaan. Pengaruh Probabilitas Free Cash Flow dan ukuran perusahaan, 23, 957–981.
Yakin, F. E. (2020). Pengaruh Audit Tenure, Audit Fee dan Ukuran Perusahaan Klien terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018). 1–60.
Yanti, I. G. A. D. N. D., & Ayu, N. P.
(2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367
Zahrah, S. A., Martasel, E., & Ismatullah, I. (2021). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>