Pengaruh Pelayanan Keperawatan, Dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon

  • Fardhoni STIKES Mahardika
  • Retina Sri Sedjati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Indra Surya Permana Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
Keywords: Pelayanan keperawatan, Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh pelayanan keperawatatan, dan kinerja perawat terhadap kepuasan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 95 responden di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel pelayanan keperawatan, dan kinerja perawat mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pasien di Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Dilihat dari nilai t_hitung kedua variabel lebih besar dari nilai t_tabel dan nilai signifikasi yang jauh lebih kecil dari 0,05. Sedangkan hasil nilai F_hitung dari ketiga variabel bebas lebih besar dari nilai F_tabel (616,976 > 3,10) dengan probabilitas lebih kecil dari 0,05. Adapun variabel bebas yaitu pelayanan keperawatan, dan kinerja perawat secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikatnya yaitu kepuasan pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber kasih Cirebon sebesar 92,9 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil kesimpulan diharapkan pihak rumah sakit dapat meningkatkan pelayanan keperawatan, dan kinerja perwat dengan cara rutin melaksanakan pelatihan agar tercipta perawat yang handal dan professional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Azrul. 2014.Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Edisi rev. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hoffart, N. & Woods, C.G. 2014. Element of Nurshing Professional Practice Models Journal of Professional Nurshing Vol. 12, No 6, pp. 354 - 364.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2009. Principles of marketing (9rd. ed.). USA: Prentice Hall International, inc.

Kotler, Philip. 2015. Marketing Manajemen Analysis, Planing, Implementation, and control, edisi rev. Prentice – Hall Inc..

Syarif Zen Yahya. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Terpadu (Rindu) RSUP H. Adam Malik USU: Medan.

Wijono, Djoko. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan: Teori, Strategi dan Aplikasi. Airlangga University Press: Surabaya.

Published
2021-04-30
How to Cite
Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, Dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10-17. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/494