Tingkat Kepuasan Ibu Balita Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Posyandu Wilayah Kota Bandung

  • Al Fatih Hudzaifah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Tita Puspita Ningrum Universitas ARS
  • Lalas Lestari Universitas ARS
Keywords: Ibu balita, Kepuasan, Pelayanan Kesehatan, Posyandu

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu) dibentuk oleh masyarakat sebagai inisiatif pelayanan kesehatan untuk mendukung kesehatan ibu dan anak. Terdapat penurunan kinerja posyandu yang mempengaruhi tingkat kepuasan ibu-ibu balita pengguna posyandu. Kurangnya kepuasan pelayanan di posyandu disebabkan keterampilan kader yang masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat kepuasan ibu balita terhadap pelayanan kesehatan di posyandu wilayah kerja Puskesmas Babakan Sari di Kota Bandung. Metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Probability Sampling dengan pendekatan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu balita yang berjumlah 60 ibu balita. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan ibu pengguna posyandu. Data yang didapat dideskripsikan dalam bentuk frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 60.0% responden masuk kedalam kategori sangat memuaskan, 16.7% responden menyatakan memuaskan dan 23.3% menyatakan tidak memuaskan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dimensi tingkat kepuasan ibu balita pengguna posyandu menurut rata-rata tertinggi pada dimensi responsiveness (96.7%), sedangkan terendah adalah assurance 71.7%, sarannya untuk meningkatkan kepuasan agar supaya meningkatkan fasilitas yang lebih layak lagi dan lebih meningkatkan lagi pelayanannya dalam menghadapi keluhan ibu balita dengan cepat, upaya peningkatan kemampuan kerja dan respon semangat kerja kepada petugas kesehatan dan kader perlu mendapat perhatian dengan melakukan pelatihan dalam pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu balita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidha, Z. (2010). Kinerja petugas posyandu dan kepuasan ibu pengguna posyandu di desa Sei Semayang Kabupaten Deli Serdang.
Anita, Dwi. (2011). Materi Kuliah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Boyolali: Akademi Kebidanan Estu Utomo.
Asmuji. (2012). Manajemen Keperawatan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bappenas. (2018). Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas. Di akses dari https://www.bappenas.go.id/files/1715/3974/8326/Buku_Penguatan_Pelayanan_Kesehatan_Dasar_di_Puskesmas-_Direktorat_Kesehatan_dan_Gizi_Masyarakat_Bappenas.pdf
Chasanah, S.U. (2015). Hubungan Kinerja Kader Posyandu Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Balita Dalam Pelayanan Posyandu. Jurnal Akbiduk
Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh, (2020). Apa itu Posyandu. Diakses dari https://dinkes.acehprov.go.id/news/read/2016/04/01/109/apa-itu-posyandu.html
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.
Hutagaol, E. E., & Agustin, H. (2012). Komunikasi interpersonal Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Siberut Kabupaten Mentawai. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 104-112.
Irfan, I. (2016). HUBUNGAN ANTARA KINERJA PETUGAS KESEHATAN POSYANDU DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA POSYANDU DI DESA MONTOR KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN SAMPANG (Doctoral dissertation, Universitas Merdeka).
Kemenkes RI, (2012). Ayo ke Posyandu setiap bulan . Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI.
Kemenkes RI, (2014). Profile Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta : Kementrian
Kemenkes, R. I. (2013). Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013. Kemenkes RI. Jakarta.
Kesehatan Republik Indonesia.
Nain, U. (2015). Posyandu: upaya kesehatan berbasis masyarakat.
Ramadhan, D.P. & Akhmadi, (2016). Pengaruh Pelatihan Sisbandu Terhadap Pengetahuan Kader Dalam Penggunaan KMS Di Wilayah Kerja Puskesmas Gedongtengen Kota Yogyakarta (Skripsi yang tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Rukmini, R. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kantor Penanaman Modal Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomikawan, 13(1), 28879.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wulansari, Y., & Nugroho, C. (2018). Tingkat Kepuasan Ibu Tentang Mutu Pelayanan Posyandu Balita. Jurnal Akp, 8(1).
Published
2020-04-30
How to Cite
Hudzaifah, A. F., Ningrum, T. P., & Lestari, L. (2020). Tingkat Kepuasan Ibu Balita Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Posyandu Wilayah Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 26-31. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/216