Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Motor Bekas Menggunakan Metode TOPSIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hendrikus
Syarif Hidayatulloh

Abstract

Kebutuhan akan alat transportasi merupakan sesuatu hal yang lumrah dan amat sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Salah satu alat transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah sepeda motor, karena selain irit jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor roda empat, motor memiliki kelebihan bisa mencapai tempat tujuan lebih cepat. Metode yang digunakan adalah TOPSIS yang akan menentukan peringkat opsi berdasarkan total pada nilai prioritas kedekatan relatif dari alternatif untuk solusi terbaik. Alternatif yang sudah diberi peringkat kemudian digunakan sebagai referensi bagi para pembuat keputusan untuk memilih solusi terbaik. Dengan metode tersebut dihasilkan sebuah penelitian yang menghasilkan sebuah aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Motor bekas Untuk Masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mendukung pengambilan keputusan pemilihan sepeda motor bekas, mempermudah dalam proses pemilihan sepeda motor bekas serta tentunya dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan.


Kata Kunci: Motor Bekas, Sistem Penunjang Keputusan, TOPSIS

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Chamid, A. A. (2016). Penerapan Metode TOPSIS Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 537-544.
De Christin, H., & Djamain. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru PT. PLN (Persero) Kantor Pusat dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI).
Herliana, A., Setiawan, V. A., & Prasetio, R. T. (2018). Penerapan Inferensi Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Tulang. Jurnal Informatika, 5(1), 50-60.
Kadir, A. (2012). Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi Offset.
Kamaludin, R. (1986). Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kusumadewi. (2006). Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Musa, & Setiono. (2012). Pengaruh Moda Transportasi Darat terhadap Kelancaran Arus Container di PT. Nilam Port Terminal Indonesia Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhan.
Putra, D., & Epriyanto, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150cc Berbasis Web Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Jurnal TeknoIf.
Sachdeva, A., Kumar, D., & Kumar, P. (2019). Multi-Factor Failure Mode Critically. IEEE.
Turban, R, S., & D, D. (2011). Decision Support and Business. New Jersey: Pearsson.
Wiguna, W., & Yuliana, N. (2016). Sistem Delivery Order Makanan Menggunakan Metode Composite Performance Index (CPI) Berbasis Android Pada Steak Hotel By Holycow Bandung. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 122-128.