PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA BANDUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febry Setiawan
Srie Wijaya Kesuma Dewi
Musafa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Gojek di kota Bandung pada masa pandemi covid-19. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Gojek di kota Bandung pada masa pandemi covid-19. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel dimana anggota populasi mempunyai peluang sama sebagai sampel penelitian. Jumlah responden sebanyak 100 orang, penentuan jumlah sampel diambil menurut Frankel dan Wallen (1993:92) yang menyarankan besar sampel minimum untuk penelitian deskriptif sebanyak 100. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner/angket. Hasil pengujian melalui uji f diperoleh nilai f hitung sebesar 35,585, nilai f tabel sebesar 3.09 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian, maka nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan f hitung > tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Dan terdapat pengaruh positif antara Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan secara signifikan. .

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawan, F., Dewi, S. W. K., & Musafa. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA BANDUNG . Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 57-64. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.695

References

Akbar, Indra. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Industri Perhotelan di Banda Aceh
Alfonsius. 2020. Pelayanan Transportasi Online Di Era New Normal.
Anjani, Slaudiya dan Septi Damayanti. 2017. Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya.
Apriyani, Dwi Aliyyah dan Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo).
Dewi, Ratna Sari dan Sri Hartini. 2020. Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie Korea (Survei pada Pengunjung Kedai Mie Korea).
Edwin. 2021. Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier Application Of Government Policy Assessment Related To Online Oject Operations In The Pandemic Time (Covid-19) Using The Naïve Bayes Classifier Algorithm
Fitria, Farida dan Dedy Sudarmadi. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada.
Gema, Zakaria Diapinsagema dan Diapinsa Suwitho. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Hendri. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Samudra Bahari Utama.
Imron. 2020. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.
Indah, Iswari, Ratih Anggraini Saragih, Ririn Rahmadani Sirait dan Wanda Putra. 2020. Analisis Perbedaan Pendapatan Driver Go-Jek Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Di Kota Medan.
Kamim, Anggalih Bayu Muh dan M. Rusmul. 2019. Mitra Pengemudi Gojek dalam Jeratan Ekonomi Berbagi Melalui Platform.
Reza, Hadi. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid 19.
Siregar, Sri Ayla, M.Irwansyah Hasibuan dan Khairul Anwar. 2020. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Kesesuaian Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Berastagi Supermarket Rantauprapat.
Simon, Kevin, Christina Whidya Utami dan Metta Padmalia. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel.
Surat Edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 11 tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi Darat pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
Sulistyowati. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi. Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta.
Susilo, Adityo. 2020. Corona virus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.
Vina, Islami. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen