MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA FITUR COD (CASH ON DELIVERY)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Srie Wijaya Kesuma Dewi
Bunga Oktalia Utami
Musafa

Abstract

Fitur Cash On Delivery (COD) merupakan metode pembayaran dimana pembeli membayar pesanan secara tunai saat barang diterima. Tujuan penelitian untuk mengetahui sebarapa besar fitur cash on delivery (COD) terhadap kepuasan pengguna e- commerce Shopee sebagai bahan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna fitur cash on delivery (cod) pada e-commerce Shopee di Kota Bandung yang berjumlah 100 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fitur cash on delivery (COD) berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna bahwa Ho diterima atau berdistribusi normal. Fitur cash on delivery (COD) berarti  nilai kepuasan pengguna bahwa arah pengaruh variabel fitur cash on delivery (COD) terhadap kepuasan pengguna adalah positif.


Cash On Delivery (COD) feature is a payment method where the buyer the buyer pays the order in cash when the goods are received. The research objective was to determine how much cash on delivery (cod) features on Shopee e- commerce user satisfaction as an evaluation material. The research method used in this research is descriptive method. The population in this study were 100 users of the cash on delivery (cod) feature in the Shopee e- commerce in Bandung. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique. The result showed that the cash on delivery (cod) feature variable that Ho was accepted or normally distributed. The cash on delivery (cod) feature means the user satisfaction score that the direction of the cash on delivery (cod) feature variable on user satisfaction is positive.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dewi, S. W. K., Utami, B. O., & Musafa. (2021). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA FITUR COD (CASH ON DELIVERY). Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 55-63. https://doi.org/10.51977/jsm.v3i2.561

References

Atira, N. (2017). JUAL BELI ONLINE YANG AMAN DAN SYAR’I (Studi terhadap Pandangan Pelaku Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar). 1–14.
dailysocial.id. (2018). Mengungkap Layanan E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Retrieved from https://dailysocial.id
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Pertama.
I, Putu Ade Andre Payadnya, I. M. D. A. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran “What-If.
Jonathan sarwono, K. P. (2012). Perdagangan online (cara bisnis di internet).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Seagroup.com 2019. (n.d.). Company Culture- Sea.
Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitati dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D.