Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Putra Wangi Sumedang Tour And Travel
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Nilai, Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan di CV Putra Wangi Sumedang Tour & Travel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengungkapan data secara deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang sudah bekerja sama dengan CV Putra Wangi Sumedang. Pengumpulan data melalui survei dari 1602 pelanggan diambil sebanyak 94 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Secara bersama persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. secara parsial persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Bagi pihak manajemen perusahaan CV Putra Wangi Sumedang Tour & travel, sebaiknya kepercayaan pelanggan ditingkatkan nilainya dengan cara meningkatkan kualitas jasa layanan agar persepsi nilai yang positif dari konsumen dapat meningkat terhadap perusahaan.
Kata kunci: persepsi nilai, kepercayaan pelanggan, dan kepuasan pelanggan
ABSTRACT
This study aimed to determine the effect pf preceived value, customer trust in the customer satisfaction in CV Putra Wangi Sumedang Tour & Travel. The method in use is cuantitative, with descriptive data disclosure and verification. Services user is a consumer population CV Putra Wangi Sumedang Tour & Travel. Collecting data througha survey of 1602 custpmer was taken by 94 respondents. The analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that: collectively perceived value and trust of customer have a significant effect on customer satisfaction. A partial perception of value and customer trust have a significant effect on customer satisfaction. For the management of CV Putra Wangi Sumedang Tour & Travel, customer trust should be increased in value by improving the quality of services that a positive perception of customer value can be increased to the company.
Keywords: perceived value, customer trust, and customer satisfaction
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Serliana, N., & Widjaja, Y. R. (2011). Pengaruh Harga Pokok Produksi Terhadap Penetapan Harga Jual Produk T-Shirt Pada CV.Tridharma Persada Bandung. Universita BSI.
Soegoto, A. S. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Journal EMBA, 1(3), 1271–1283.
Yamin, R. (2009). Persepsi nilai, persepsi kualitas, dan citra terhadap kepuasan konsumen pada PT Astra International Daihatsu di manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(3), 556–581.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Basransyah, A., M.Hermanto, & Johansyah. (2016). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Eramart Timbau di Tenggarong. JEMI Vol.16/No.2/Desember.
Cannon, Pereault, & McCarthy. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba.
Chen , L. l., Basit, A., & Hassan, Z. (2017). The Impact of Customer Perceived Value on Customer Satisfaction: A Study on Malaysian Automobile Industry. International Journal of Accounting & Business Management, 93-110.
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana.
Keller, K. L., & kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. ISBN: 978-0-13-600998-6.
Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiental Marketing dan Rasa Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Pondok Tingal Magelang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 12 (2015) Juni 10-20, 10-20.
Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiental Marketing dan Rasa Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Pondok Tingal Magelang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 12, 10-20.
Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiental Marketing dan Rasa Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Pondok Tingal Magelang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 10-20.
Kotler, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1 dan 2). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1&2, edisi 12, Jilid ke-1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. l. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. ISBN: 978-0-13-600998-6.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2011). Pemasaran Jasa MAnusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hambadi, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, S. P., & Judge. (2012). Organizational Behavior, Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan , H., & Sayuti, A. J. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction abd Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Jurnal of Business and Management (IOSR-JBM), 31-40.
Soegoto, A. S. (2013). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. jurnal EMBA, 1271-1283.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. 89.
Sulastri, A. (2017). Pengaruh Lifestyle, Perceived Value, dan Customer Value Terhadap Minat Beli (Studi pada Dago Suites Apartment Bandung)). 33.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima . Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tyas, R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di BMT Sumber Mulia Tutang. jurnal Muqtasid Vol.3 No.2 Desember .
Yamin, R. (2013). Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Astra International Daihatsu di Manado. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 3 ISSN 2303-1174, 1231-1240.