Analisis Perilaku Konsumen dalam Memanfaatkan Aplikasi KAI Access

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sandi Destian Pratama
Erliany Syaodih

Abstract

Salah satu jenis pelayanan yang diberikan negara untuk masyarakatnya adalah pelayanan transportasi diantaranya ialah Kereta Api. Jumlah pengguna jasa transportasi kereta api setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Naiknya jumlah penumpang kereta api ini tentunya tidak terlepas dari pelayanan yang diberikan oleh PT KAI. Salah satu pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan pembelian tiket online (KAI Access). Aplikasi KAI Access yang bertujuan untuk memudahkan konsumennya dalam melakukan pembelian tiket. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen PT KAI dalam keputusannya membeli tiket kereta api masih dengan cara  konvensional serta mengetahui keefektifan aplikasi KAI Access oleh konsumen tersebut. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen PT. KAI dengan jumlah partisipan 7 orang. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil wawancara dilakukan reduksi data, disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan 9 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen PT KAI dalam keputusannya membeli tiket masih dengan cara konvensional dan hasil persepsi seluruh konsumen yang menilai dan memilih pembelian tiket secara konvensional lebih baik, dapat disimpulkan aplikasi KAI Access belum efektf dimanfaatkan oleh konsumen PT KAI yang masih membeli tiket langsung di loket stasiun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, S. D., & Syaodih, E. (2021). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memanfaatkan Aplikasi KAI Access. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 20-27. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/502

References

Aplikasi KAI Access. 2020.
Assael. 1992. Consumer Behavior. Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Creswell, JW. 2010. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Ed. 3. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Engel, James, F., Roger, D., Blackwell & Miniard P. 2006, Perilaku Konsumen, (Alih Bahasa Budi Janto). Jilid I: Edisi Keenam. Jakarta: Binarupa Aksara.
J. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Mowen, C., John & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Sangadji, M., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Schiffman & Kanuk, L. 2000. Costumer Behavior. Internasional Edition. Prentice Hall.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprayogo, Imam & Tobroni. 2001. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sujarweni, W. 2015. Metodologi penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Umar H. 2000. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian