Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador (Studi Kasus Mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken di Kelurahan Babakan Ciamis) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi mengakibatkan konsumen mempunyai peranan penting terhadap brand ambassador dan minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh brand ambassador terhadap minat beli mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu penduduk Kelurahan Babakan Ciamis yang mengkonsumsi mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken tetapi tidak diketahui jumlah responden yang mengkonsumsi mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden teknik sampling yang dipakai dalam penelitian ini yaitu sampel non-probabilitas dengan menggunakan metode sampling insidental dan metode pengumpulan data ini dengan cara menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis determinasi dan uji hipotesis menggunakan uji t (parsial). Hasil pengujian pada uji t (pasrial) yaitu variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Minat Beli
ABSTRACT
The level of competition betwen companies results in consumers have an important role in brand ambassadors and purchase interest. This study aims to determine and explain how the influence of brand ambassadors to purchase interest by Sedaap Selection Korean Spicy Chicken noodles. The type of research is a survey method with a quantitative approach, the population in this study is the residents of Babakan Ciamis Village who consume Sedaap Selection Korean Spicy Chicken noodles but is unknown the number of respondent who consumed Sedaap Selection Korean Spicy Chicken noodles, the number of samples used were 100 technical respondent, the sampling used in this study is a non-probability sample using the incidental sampling metho and this data collection method by distributing questionnaires. Analysis of data used is descriptive analysis, simple linear regression analysis, analysis determination and hypothesis testing using t test (parsial). The test results on the t test (parsial) namely the brand ambassadors variable have a positive and significant impact of interest in buying Sedaap Selection Korean Spicy Chicken noodles.
Keyword: Brand Ambassadors, Purchase Interest.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Cece, I. Sen. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. Manajemen Kinerja, 1(2), 101–110.
Dari, D., & Dan, S. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan IklaN, 01(02), 87–96.
FATAHILLAH, S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger Adventure Di Kota Makassar.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tests, dan Disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, A. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Produk Indomie Rasa Mie Aceh Dengan Pendekatan Aida (survei Pada Warga Kota Cimahi--Jawa Barat). EProceedings of Management, 6(3).
Herdiana, T., & Alamsyah, D. P. (2017). Country of Origin dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 31–40.
Kertamukti. R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Keller,K,L. (2013). Direccion De Marketing. Pearson Educacion.
Mutiah Dinny. (2019). Choi Siwon Jadi Brand Ambassador Mi Instan asal Indonesia. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4053393/choi-siwon-jadi-brand-ambassador-mi-instan-asal-indonesia
Nurdin, S., & Sulastri, A. (2018). Lifestyle, Perceived Value Dan Customer Value Pada Minat Beli. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 10(2), 147–162.
Putra, J. S., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Andre Taulany Terhadap Minat Beli Konsumen Ini Keripik.
Royan, F, M. (2004). Marketing Celebrities (Ke-1). Jakarta: PT. Elex Komputindo.
Royan, F. M. (2005). Marketing Selebrities. Elex Media Komputindo.
Ssiwanto, R. S. A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Tatjana Saphira Terhadap Minat Beli Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Universitas Multimedia Nusantara.
Trijumansyah, A., Loda, M. Y., Solihat, A., Rahmayani, R., & Iskandar, I. (2019). Analisis Store Atmosphere Dan Lokasi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Valid Jurnal Ilmiah, 16(2), 194–207.
Wirapraja, A., & Sugito, F. A. (2018). Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Tingkat Minat Beli Mie Instant. Jurnal Eksekutif, 15(1), 98–113.