Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Dan Insentif Terhadap Disiplin Pegawai FPOK UPI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Rahayu Rahmawati
Purwadhi

Abstract

Kedisiplinan merupakan kesadaran dan kesedian seseorang untuk mentaati semua peraturan -peraturan perusahaan dan norma-norma sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas penerapan absensi fingerprint dan insentif berpengaruh terhadap disiplin kerja pegawai di FPOK UPI. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu terdiri dari 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas penerapan absensi fingerprint secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap disiplin, dengan diperoleh nilai signifikansi 0,558> 0,05 untuk itu hipotesis H1 ditolak. Pada insentif secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap disiplin dengan diperoleh nilai 0,065> 0,05 untuk itu hipotesis H1 ditolak. Efektivitas penerapan absensi fingerprint dan insentif secara simultan memberikan pengaruh terhadap disiplin pegawai di FPOK UPI. hipotesis H1 diterima Diperoleh nilai sig. 0,00 <0,05 artinya bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas penerapan absensi fingerprint  dan insentif terhadap disiplin pegawai dan sebaliknya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Apandi, Pandy (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Deepublish CV Budi Utama: Yogyakarta.

Asmira (2016). Jurnal Efektivitas penerapan absensi (fingerprint) dalam meningkatkan disiplin. Jurnal Pemerintahan, Volume 4, Nomor 3, 1009-1022.

Fathoni, Abdurrahmat. (2014). Organisasi & manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rizca Amalia, Adman. (2017). Pengaruh insentif terhadap disiplin kerja pegawai dinas tenaga kerja kabupaten bandung. Jurnal Manajemen,173-186.

Setiawan, Dodi., & Yulianti. (2017). Absensi fingerprint terhadap disiplin kerja karyawan pada pt. sanbio laboratories gunung putri kabupaten bogor. Jurnal Majalah Ilmiah Institut STIAMI, Volume 14, No. 01, 70-81.

Sutrisno, Edy (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana:Jakarta.

Universitas Pendidikan Indonesia (2017). Insentif berbasis kinerja bagi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan universitas pendidikan indonesia. Bandung.