Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Dan Insentif Terhadap Disiplin Pegawai FPOK UPI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Rahayu Rahmawati
Purwadhi Purwadhi

Abstract

Kedisiplinan merupakan kesadaran dan kesedian seseorang untuk mentaati semua peraturan -peraturan perusahaan dan norma-norma sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas penerapan absensi fingerprint dan insentif berpengaruh terhadap disiplin kerja pegawai di FPOK UPI. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu terdiri dari 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas penerapan absensi fingerprint secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap disiplin, dengan diperoleh nilai signifikansi 0,558> 0,05 untuk itu hipotesis H1 ditolak. Pada insentif secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap disiplin dengan diperoleh nilai 0,065> 0,05 untuk itu hipotesis H1 ditolak. Efektivitas penerapan absensi fingerprint dan insentif secara simultan memberikan pengaruh terhadap disiplin pegawai di FPOK UPI. hipotesis H1 diterima Diperoleh nilai sig. 0,00 <0,05 artinya bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas penerapan absensi fingerprint  dan insentif terhadap disiplin pegawai dan sebaliknya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Afandi, Pandy (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Deepublish CV Budi Utama: Yogyakarta.
Amalia, Rizca., Adman. (2017). Pengaruh insentif terhadap disiplin kerja pegawai dinas tenaga kerja kabupaten bandung. Jurnal Manajemen,173-186.
Asmira (2016). Jurnal Efektivitas penerapan absensi (fingerprint) dalam meningkatkan disiplin. Jurnal Pemerintahan, Volume 4, Nomor 3, 1009-1022.
Fathoni, Abdurrahmat. (2014). Organisasi & manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mayangsari, Diana, (2013). “ Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada AJB BUMI PETERA 1921 Kantor Cabang Kayutangan, Malang)’. Skripsi Diakses September 2012
Mushlikhun, Hasiolan, L. B., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh Mekanisme Finger Print, Prosedur Finger Print. Journal of Managemen
Setiawan, Dodi., & Yulianti. (2017). Absensi fingerprint terhadap disiplin kerja karyawan pada pt. sanbio laboratories gunung putri kabupaten bogor. Jurnal Majalah Ilmiah Institut STIAMI, Volume 14, No. 01, 70-81.
Sina, Muhammad Gazali. 2016. Efektivitas Pemasangan Absen Sidik Jari (Finger Scan) Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Rektorat Universitas Mulawarman Samarinda Ejournal Ilmu Pemerintahan 2016, 4 (1): 215-229
Sutrisno, Edy (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana:Jakarta.
Universitas Pendidikan Indonesia (2017). Insentif berbasis kinerja bagi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan universitas pendidikan indonesia. Bandung.