ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN TRANSAKSI NON TUNAI DIKALANGAN GENERASI Z DAN MILENIAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwinta Mulyanti
Renita Rahmawati
Dewi Yuliandini

Abstract

Perkembangan teknologi dalam jasa keuangan berjalan sangat pesat,terutama dengan hadirnya Fintech yang memiliki pengaruh dalam gaya hidup Generasi Z dan Milenial yang seba praktis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Faktor- faktor yang mempengaruhi penggunaan dompet digital dikalangan generasi Z dan milenial. Data diperoleh dari pengisian kuesioner berupa google form pada 100 responden,Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif dengan analisis regresi linier berganda dengan metode kuantitatif.Penelitian ini menggunakan Variabel dependen penggunaan dompet digital dan independen Faktor kemudahan,faktor kepercayaan,faktor keamanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel faktor kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan dompet digital sedangkan faktor kepercayaan dan faktor keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan dompet digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyanti, D., Rahmawati, R., & Yuliandini, D. (2024). ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN TRANSAKSI NON TUNAI DIKALANGAN GENERASI Z DAN MILENIAL. Jurnal Financia, 5(2), 60-70. https://doi.org/10.51977/financia.v5i2.1744

References

Abas, N. I., Wardana, A. A., & Puspawati, D. (2022). Faktor Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Area Solo Raya. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 262-269.
Alfaruqy, M. Z. (2022). Generasi Z Dan Nilai-Nilai Yang Dipersepsikan Dari Orangtuanya Generation Z And The Perceived Values From The Parents (Vol. 4, Issue 1).
Anjani, D. A. D., Misidawati, D. N. M. D. N., & Awali, H. A. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 124-134.
Diva, N., Rembulan, R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. In Valid Jurnal Ilmiah (Vol. 17, Issue 2).
Ernanda, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 6, 2–16. Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Inde X.Php/Jirm/Article/View/338
Kustiyah, I. K. Dan S. H. Dan E. (2019). Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Dompet Digital Ovo Di Surakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689– 1699.
Manurung, R. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Mental Accounting pada Remaja di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(01), 130-141.
Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., & Permana, E. (2021). Efektifitas Penggunaan E-Wallet Dikalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian. Jemma (Journal Of Economic, Management And Accounting), 4(2), 128. Https://Doi.Org/10.35914/Jemma.V4i2.725
Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-Wallet Di Kalangan Mahasiswa. In Jurnal Emik (Vol. 3, Issue 2). Https://Qwords.Com/Blog/Sejarah-Singkat- Internet/,
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 1(2), 202-224.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. Https://Doi.Org/10.34128/Jsi.V5i2.185
Widyayanti, E. R. (2020). Analisis pengaruh kecenderungan pergeseran sistem pembayaran dari tunai ke non-tunai/online payment terhadap peningkatan pendapatan usaha (studi pada UMKM di Yogyakarta).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Alfabeta,Ed)
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Verifikatif (Alfabeta,Ed).
Sunarya, I. M. (2022). Pengaruh faktor persepsi terhadap minat penggunaan layanan dompet digital (e-wallet) melalui pendekatan teori technology acceptance model (tam). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(3), 1414-1422.
Wardhono, W. (2020). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman