PEMANFAATAN KAMERA SMARTPHONE DALAM FOOD PHOTOGRAPHY

(STUDI KASUS: KWECANG MAKANAN KHAS DAERAH KUNINGAN)

Authors

  • Sigit Setya Kusuma Universitas Kuningan
  • Rika Nugraha Universitas Kuningan
  • Vera Novianti Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i2.1346

Keywords:

Smartphone, Food Photography, Kwecang

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Kamera Smartphone dalam Food Photography (Studi Kasus Kwecang Makanan Khas Daerah Kuningan) yang bertujuan untuk menghadirkan konsep dan penataan yang baru dari Kwecang. Penulis juga menghadirkan typography untuk penyampaian pesan pada audiens. Proses visualisasi karya cipta food photography dan brand image dengan menggunakan kamera smartphone memberikan peluang besar terhadap makanan Kwecang khas daerah Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam analisis data, observasi, wawancara, dan kuisioner kepada masyarakat Kuningan sebagai metode pengumpulan data. Media Informasi mengenai tampilan visual kwecang menggunakan smartphone berupa foto pigura dan katalog food photography kwecang makanan khas daerah Kuningan dengan penyajian karya yang disajikan melalui sosial media dan media pendukung lainnya. Dengan adanya media ini,pemanfaatan kamera smartphone pada kwecang makanan khas daerah Kuningan akan dapat dikenali dan diketahui oleh masyarakat Kuningan. Media ini akan bermanfaat sebagai hasil karya fotografi yang menarik untuk lebih memperbaharui trend food photography dalam pemanfaatan kamera smartphone.

References

Afriyanti, S. (2015). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi Di Jatinangor. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Berman, Barry., Joel R. Evans. (2010). Retailing Management, 11 th edition, Boston: Pearson

Bharwana, T. K., Bashir, D. M., & Mohsin, M. (2013). Impact of Service Qua lity on Customers ’ Satisfaction : A Study from Service Sector especially Private Colleges of Faisalabad, Punjab, Pakistan. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(5), 1–7

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management Information Center.New York: McGraw Hill Higher Education.

Saputri, R. S. D. (2019). TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB SEMARANG. 10(1), 46–53.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta

Utami, Christina Whidya (2014). Manajemen Ritel; Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat

Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks Kembangan

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

PEMANFAATAN KAMERA SMARTPHONE DALAM FOOD PHOTOGRAPHY : (STUDI KASUS: KWECANG MAKANAN KHAS DAERAH KUNINGAN). (2023). Wacadesain, 4(2), 78-94. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v4i2.1346