PENGARUH KUALITAS FUNGSIONAL, TEKNIS DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN PASIEN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andri Theja
Erliany Syaodih
Dasrun Hidayat

Abstract

Minat kunjungan pasien merupakan perilaku yang berkembang sebagai respon terhadap kualitas pelayanan, yang menunjukkan keinginan pasien untuk membeli kembali pelayanan yang telah dibeli sebelumnya. Perilakunya akan dipengaruhi oleh tingkat kepuasan atau ketidakpuasan pasien. Adapun faktor-faktor yang akan mempengaruhi kepuasan pasien, kualitas fungsional yang baik, kualitas teknis yang memuaskan, dan citra merek yang unik dan khas semuanya akan berperan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran, pengaruh, dan hubungan antara kualitas fungsional, kualitas teknis, dan citra merek terhadap keinginan pasien untuk berkunjung ke Granostic Diagnostic Center di Surabaya. Populasi penelitian ini adalah seribu orang. Cluster sampling dengan metode aksidental digunakan untuk mengumpulkan total sampel sebanyak 91 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif. Analisis kuantitatif dan deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, uji-t, dan koefisien determinasi untuk analisis kuantitatif. Berdasarkan temuan penelitian, kualitas fungsional, kualitas teknis, dan citra merek mempengaruhi minat kunjungan pasien sebesar 67%, sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang kurang komprehensif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Theja, A., Syaodih, E., & Hidayat, D. (2023). PENGARUH KUALITAS FUNGSIONAL, TEKNIS DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN PASIEN. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(2), 53-60. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/mmars/article/view/1572

References

Angraini, D., & Zulfa, Z. (2021). Analisis Pengaruh Brand image Terhadap Minat Ulang Pasien Rawat Inap dengan Word Of Mouth (WOM) sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Rumah Sakit Swasta di Kota Padang). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(04), 277-286.

Citra, E. W., Razak, A., & AP, A. R. A. (2021). Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Kembali Melalui Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Rsud Salewangan Maros Tahun 2021. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4, 379-396.

Firdaus, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Dalam Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Mandaya . Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83
Rahmiati, R., & Temesveri, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13-21.
Rasyid, H. Al, & Indah K, A. T. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Bidan Marlina. Jurnal Perspektif, 17(1), 7–16.
Sulistyo, A., & Gumilar, A. (2019). Studi Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2).Syamsurizal, S. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rocket Chicken Kota Bima. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(2), 177-183.

Yuliana, U. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Fungsional, dan Kualitas Teknikal terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Suzuki Medan Jaya Group Jl. Katamso No 78 Yogyakarta). Jurnal Manajemen, 4(1), 70-84

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>