GAMBARAN RESPONSIVENESS, TANGIBLES, DAN EMPATHY PADA KARYAWAN DI POLIKLINIK MATA

  • Theresia Eriyani Universitas Padjadjaran
  • Sena Yudipaty Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek
  • Witdiawati Universitas Padjadjaran
  • Udin Rosidin Universitas Padjadjaran
Keywords: Responsiveness, Tangible, Empathy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh jumlah kunjungan pasien ke BKMM yang mengalami penurunan dari tahun 2010 sebanyak 9372 pasien, menurun tahun 2011 menjadi 9314 pasien, dan menurun kembali tahun 2012 menjadi 8621 pasien. Sampai saat ini belum pernah diadakan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut, tetapi dari keluhan beberapa pasien menyatakan kurangnya perhatian dari petugas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran daya tanggap (responsiveness), bukti fisik (tangibles), dan perhatian (empathy) karyawan BKMM di poliklinik mata BKMM. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pasien yang pernah berkunjung ke poliklinik rawat jalan BKMM lebih dari satu kali. Jumlah sampel sebanyak 89 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukuran waktu. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat.

Hasil penelitian ini daya tanggap karyawan BKMM cepat, bukti fisik BKMM nyaman, dan karyawan BKMM tidak memberikan perhatian. Karyawan BKMM, terutama perawat, diharapkan lebih meningkatkan pelayanan dan lebih memberikan perhatian kepada pasien. Salah satunya dengan cara membudayakan 5S yaitu; salam, sopan, santun, senyum dan sapa dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awinda, D. (2004). Tingkat Kepuasan Pasien Perusahaan dan Pasien Pribadi Terhadap Mutu Pelayanan Ruang Rawat Inap Kelas III RS. Permata Bunda Medan. Tesis master tidak pernah diterbitkan. USU, Medan, Indonesia.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta. Erlangga.

Notoatmojo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineke Cipta.

Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Jakarta. Salemba Empat

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta. Rineke Cipta.

Kotler, P. (2009). Marketing Management Analysis, Planing, Implementation and Control, Practice Hall International Inc A: Division of Simon and Sevent Edition Cruster, Engloew Ood Cliffs

Published
2021-09-30
How to Cite
Eriyani, T., Yudipaty , S., Witdiawati, & Rosidin, U. (2021). GAMBARAN RESPONSIVENESS, TANGIBLES, DAN EMPATHY PADA KARYAWAN DI POLIKLINIK MATA. Jurnal Keperawatan BSI, 9(2), 271-277. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/617