Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia Di RPSCW Ciparay
Keywords:
Lansia, Interaksi Sosial, Kualitas Hidup.Abstract
Interaksi sosial merupakan suatu hubungan timbal balik, saling mempengaruhi serta tidak terpisahkan dari suatu hubungan yang terjadi antar individu, sosial dalam kehidupan sehari-hari. Jika melihat kondisi tersebut sebagian lansia mengalami proses degeneratif yang menyebabkan lansia mengalami penurunan fisik, psikologis dan sosial, salah satu dampaknya yaitu penarikan diri dengan lingkungan, tidak memiliki dukungan sosial keluarga, teman, lingkungan sekitar dan secara tidak langsung mengalami perubahan yang dialami lansia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia di UPTD PSRLU Ciparay. Metode penelitian menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 153 dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 60 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner interaksi sosial untuk interaksi sosial dan WHOQOLBREFF untuk kualitas hidup. Analisa data menggunkan rumus Chi-Square. Hasil uji statistik menunjukan 40 (66,7%) lansia memiliki interaksi sosial baik dan 32 (53,3%) lansia memiliki kualitas hidup baik. Nilai fisher’s exact test pvalue = 0,000 < ? 0,05 yang berarti H0 ditolak artinya ada hubungan interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin baik interaksi sosial yang dilakukan oleh lansia maka semakin baik kualitas hidup lansia. Saran pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi, mampu mempertahankan interaksi sosial lansia dalam kerjasama lansia dengan lansia lainnya serta meningkatkan interaksi sosial lansia dalam menyelesaikan masalah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.
References
Akinnuwesi, B. A., Enikuomehin, O. A., Uzoka, F. M. E., Onwudike, O. C., Osamiluyi, A., & Aribisala, B. S. (2014). Electronic Helpdesk Support System in Tertiary Institutions in Developing Countries. International Journal of Computer and Information Technology, 3(6), 1-12.
Beisse, F. (2014). A Guide to Computer User Support for Help Desk and Support Specialists. Florence: Cengage Learning, Inc.
Dean, J. (2018). Web Programming with HTML5, CSS, and JavaScript. Burlington: Jones & Bartlett Learning.
Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33-45.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). Chicester: John Wiley & Sons.
Stair, R., & Reynolds, G. (2017). Fundamentals of Information Systems (9th ed.). Boston: Cengage Learning.
Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2).