GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DIARE PADA BALITA DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA
Keywords:
Kata Kunci: Pengetahuan, Ibu, Diare BalitaAbstract
Penyakit diare merupakan penyebab kematian nomor dua pada anak di bawah lima tahun. Ancaman paling parah yang ditimbulkan oleh diare adalah dehidrasi. Seseorang dengan diare mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan tubuh. Setiap tahun diare membunuh sekitar 525.000 pada balita. Kejadian diare dapat dihindari jika seorang ibu memiliki pengetahuan yang baik tentang diare karena pengetahuan baik yang dimiliki ibu tentunya akan mempengaruhi perilakunya ketika melakukan pencegahan serta penanganan penyakit diare pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang diare pada balita di kecamatan Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Adapun Subjek pada penelitian ini berjumlah 94 ibu di wilayah kerja Puskesmas Khatulistiwa Pontianak Utara. Hasil menunjukan bahwa dari 94 reponden, ibu yang pengetahuan baik merupakan kategori yang paling banyak dimiliki oleh ibu yaitu berjumlah 73 orang (78%), kategori pengetahuan cukup berjumlah 21 orang (22%). Pentingnya peningkatan pengetahuan ibu tentang diare merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pelayanan kesehatan guna menurunkan angka kejadian serta mencegah komplikasi diare pada balita.
References
Badan Bahasa Kemdikbud RI. (2019). Badan Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia. https://petabahasa.kemdikbud.go.id/
Haryati, H. (2012). Ekologi Media di Era Konvergensi. Digitalisasi Dan Konvergensi Media, 10(2). https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/72
Mandaru, S. S. E., Nafie, J. A., & Lada, H. L. L. (2022). Pesan Kesehatan Terkait Covid-19 dalam Film “Air untuk Marta” (Analisis Semiotika Charles Pierce Pada Film Pendek : Air untuk Marta Karya Rey Padji). Jurnal Communio Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana, 11(2), 169–192. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jikom.v11i2.6599
Moleong, L. J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Ke-30). Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2018). Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi (cetakan ke). Prenada Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1306524
Nurhadi, Z. F., Mujianto, H., Bratadiredja, M. F., & Gustiandi, S. S. (2023). Pengalaman komunikasi inner beauty bagi mahasiswa. Jurnal Digital Media & Relationship, 5(1), 6–20. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/1178/700
Romli, A. S. M. (2017). Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Nuansa Cendekia.
Sadya, S. (2022). Bahasa Daerah Makin Ditinggalkan Anak Muda? https://dataindonesia.id/varia/detail/bahasa-daerah-makin-ditinggalkan-anak-muda
Samsu, S. (2017). Metode Penelitian : (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Pustaka Jambi.
Silva, A. Da, Wutun, M., & Nafie, J. A. (2022). Konstruksi Eksistensi Istri Pertama Dalam Film (Analisis Semiotika John Fiske Pada Film Surga Yang Tak Dirindukan). Jurnal Digital Media Dan …, 4(2), 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i2.808
Silvia, I., Perwirawati, E., & Simbolon, B. R. (2021). Manajemen Media Mssa. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=EBQxEAAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. CV Mandar Maju.
Sulvinajayanti. (2018). Manajemen Dan Konvergensi Media Penyiaran. penerbit aksara timur.
Susdarwono, E. T. (2020). Analisis Peran Media dalam Mempengaruhi Keberlanjutan Kerjasama Joint Production Kapal Selam Changbogo dan Pesawat Tempur KF-X/ IF-X antara Indonesia dan Korea Selatan. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(2), 85–98. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i2.240
Ummah, A. H. (2021). Manajemen Industri Media Massa.
Wardana, E. (2009). Sukses Menjadi Penyiar Radio Profesional : Panduan Praktis Untuk Profesi Dunia Radio. Andi.
West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar teori komunikasi. Salemba Humanika.