EFEKTIVITAS EDUKASI PERAWATAN DIRI PADA REMAJA DOWN SYNDROME DENGAN MEDIA VIDEO
Keywords:
Media Edukasi Video, Perawatan Diri (Self Care), Remaja Down SyndromeAbstract
Menurut WHO pada tahun 2020 terdapat 1 kejadian Down Syndrome per 1.000 sampai 1.100 kelahiran di dunia, sehingga dalam setiap tahunnya tercatat 3.000 sampai 5.000 anak lahir dengan kelainan pada kromosom. Perawatan diri menjadi suatu keharusan dalam melakukan kebersihan di kegiatan sehari-hari, agar tercapai kemampuan untuk memelihara kesehatan dan kesejahteraan hidup. Orang tua yang memiliki remaja dengan kondisi Down Syndrome memerlukan perhatian khusus dalam melakukan perawatan diri. Kuantitatif dengan desain pre eksperiment one group pre-test dan post-test. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, sebanyak 24 responden. Mengetahui efektivitas edukasi perawatan diri pada remaja yang mengalami Down Syndrome dengan menggunakan media video. Durasi video 4 menit dengan waktu intervensi selama 1 minggu. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner perawatan diri dan kuesioener media eduksi dimana kedua instrumen penelitian tersebut sudah baku. Menunjukan bahwa adanya efektivitas edukasi perawatan diri dengan media video pada remaja Down Syndrome. sebelum dilakukan intervensi Mean = 40,46 dan setelah dilakukan intervensi Mean = 71,96. Adanya efektivitas edukasi perawatan diri pada remaja Down Syndrome dengan media video dengan nilai signifikan yaitu P = 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan perawatan diri pada remaja Down Syndrome. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media-media edukasi lainnya yang berkaitan dengan perawatan diri.
References
Aliman, Nor Khasimah, Shareena Mohamed Hashim, Siti Dalela Mohd Wahid, and Syahmi Harudin. 2014. “Tourist Expectation, Perceived Quality and Destination Image: Effects on Perceived Value and Satisfaction of Tourists Visiting Langkawi Island, Malaysia.” Asian Journal of Business and Management 2(3).
Bambang Udoyono. 2008. Sukses Menjadi Pramuwisata Profesional. Bekasi Timur: Kesaint Blanc.Lampiran Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia no. Kep 61/MEN/III/2009.
Basiya, Rozak, and Hasan Abdul Rozak. 2012. “Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah.” Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan 11(2).
ISWATI, MARIA. 2014. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN PEMANDU WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DOMESTIK DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA.” Universitas Gadjah Mada.
Jemadi, Jemadi, and Bambang Sugeng Dwiyanto. 2016. “Tingkat Kepuasan Wisatawan Domestik Terhadap Candi Prambanan Dan Ratu Boko Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 6(1):37–54.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mandalia, Siska, Taufik Hidayat, Revi Candra, Ferzi Hartawan, and Atika Amor. 2022. “Income Analysis of Merchants at Istano Basa Pagaruyuang Tourism Object Tanah Datar Regency During The Covid-19 Pandemic.” Pp. 610–13 in The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022). Vol. 4.
Muhammad nazir. 2015. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mulyana, Hadi, and Andhika Chandra Lesmana. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Keraton Kasepuhan Cirebon.” Tourism Scientific Journal 6(2):291–97.
Nurmala, Nurmala, Sullaida Sullaida, and Damanhur Damanhur. 2022. “PENGARUH FASILITAS WISATA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI UJONG BLANG LHOKSEUMAWE.” E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 23(2):73–78.
Pratama, Handika Fikri. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Marlborough Di Kota Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 4(1).
Purwaningsih, Ratih Melatisiwi. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Candi Prambanan Tinjauan Khusus Pada Kemampuan Berbahasa Verbal.” Jurnal Nasional Pariwisata 5(3):146–53.
Putra, I. Gede Noviana, I. Nyoman Sudiarta, and I. G. S. Mananda. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara Ke Daya Tarik Wisata Alas Pala Sangeh.” Jurnal IPTA ISSN 2338:8633.
Radiosunu. 2001. “Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis.” Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suyitno. 2005. Pemanduan Wisata (Tour Guiding). Yogyakarta: Graha Ilmu.