SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN CALON PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DENGAN METODE SAW

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rissa Nurfitriana Handayani
Ifani Hariyanti

Abstract

Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan suatu program dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian rakyat yang kurang mampu. Sistem penunjang keputusan (SPK) dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan atau mengambil keputusan yang bersifat semi terstruktur atau terstruktur. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Kecamatan Cimahi Utara merupakan suatu instansi pemerintahan yang dimana memiliki andil dalam pengambilan keputusan calon penerima BLT. Staff Kecamatan Cimahi Utara harus mempertimbangkan warga mana yang layak untuk mendapatkan BLT dengan persetujuan Kepala Kecamatan. Persetujuan tersebut memerlukan waktu yang lama karena harus melihat syarat dan ketentuan sebagai penerima. Kegiatan pengambilan keputusan di Kecamatan Cimahi Utara dilakukan dengan proses manual. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut maka diperlukannya metode penyelesaian dalam ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan keputusan kelayakan pemberian pinjaman. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan sistem yang baru yaitu sistem penunjang keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), Sehingga dapat membantu Kepala Kecamatan dalam pengambilan keputusan. Setelah sistem diimplementasikan untuk digunakan sebagai sistem penunjang keputusan kelayakan pemberian BLT pada Kecamatan Cimahi Utara dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sehingga mempermudah manajemen dalam menentukan kelayakan penerima BLT agar lebih cepat dan akurat. Kemudian sistem ini menghasilkan nilai dan keputusan untuk menentukan kelayakan penerima BLT. Berdasarkan nilai total tertinggi dari kriteria yang sudah ditetapkan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Fabian, C. L., Mulyawan, B., & Hendryli, J. (2018). Sistem Pemesanan Hotel Berbasis Web Menggunakan Metode Apriori dan Simple Additive Weighting. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 6(2), 26.
Faisal, A., & Rusda, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Dana Desa BLT dengan Metode SAW Berbasis WEB. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(1), 131–137.
Habibah, U., & Rosyda, M. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Pekandangan Menggunakan Metode AHP-TOPSIS. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(1), 404–413.
Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., Napitupulu, D., & others. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.
Riana, E. (2020). Implementasi Cloud Computing Technology dan Dampaknya Terhadap Kelangsungan Bisnis Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Agile dan Studi Literatur. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(3), 439–449.
Santoso, J. T., & Hartono, B. (2022). DSS (Decision Support Systems) Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–454.
Silitonga, E., & Simangunsong, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dengan Metode Profile Matching Pada Kantor Kepala Desa Narigunung 1. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 3(3), 275–280.
Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin, J., Suhelayanti, S., Watrianthos, R., Sahabuddin, A. A., & Meganingratna, A. (2020). Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Veza, O., & Arifin, N. Y. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Calon Mahasiswa Non Aktif Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 3(02), 71–78.
Waruwu, T. S., Lubis, M. D. S., & Sianturi, R. (2022). Pemanfaatan metode topsis Dalam penerima kredit:(studi kasus Diskopukm Provsu). Jurnal Sains Dan Teknologi Widyaloka, 1(2), 210–212.
Zain, A. S., & Purniawati, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting. Sains, Apl. Komputasi Dan Teknol. Inf, 2(1), 18.