IMPLEMENTASI METODE 360 DERAJAT PADA PENILAIAN KINERJA GURU BERBASIS WEB
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Proses penilian kinerja guru dan pengarsipan dokumen kinerja guru di Mts Midanutta’lim masih dilaksanakan secara konvensional dengan mengisi form penilaian dan excel untuk proses perhitungan nilai, sedangkan pengarsipan dokumen penilaian disimpan dalam computer sekolah yang rawan hilang. Hal tersebut mendorong peneliti mengembangkan aplikasi berbasis website untuk memudahkan proses pengisian kuesioner dan proses penilaian bisa dilakukan secara digital berbasis website. Untuk proses penilaian menggunaka metode 360 yaitu metode penilaian umpan balik yang dilaksakan oleh orang sekitar berinteraksi dalam pekerjaannya seperti bawahan, rekan sejawat dan atasan bahkan penilaian bisa dilakukan oleh orang diluar organisasi yang ada interaksi dengan objek penilaian. Pemanfaatan teknologi berbasis web untuk pelaksanaan proses penilaian dan pengarispan dokumen penilaian bisa dilaksanakan secara online, sedangkan pemanfaatan metode 360 derajat akan menjadi kombinasi yang cocok untuk proses penilaian kinerja guru dengan proses umpan balik karena proses belajar mengajar di sekolahan dilakukan dengan interaksi dari segala arah berdasarkan hubungan perilaku seseorang dengan orang pada sebuah lembaga atau organisasi. Implementasi metode 360 derajat berbasis web akan menjadi solusi untuk proses penilaian, perhitungan dan pengarsipan penilaian kinerja guru di Mts Midanutta’lim Kabupaten Jombang, jawa Timur.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020 mempunyai tugas , fungsi , serta peran penting dalam mencerdaskan kehidupan konsep dan teori ilmu pengetahuan , yang berlandaskan filosofi. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 2(3), 29–43. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jetl
Indonesia, R. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.
Mohapatra, S., Samantaray, D. P., & Samantaray, S. M. (2015). Study on polyhydroxyalkanoates production using rhizospheric soil bacterial isolates of sweet potato. Indian Journal of Science and Technology, 8(April), 57–62. https://doi.org/10.17485/ijst/2015/v8iS7/64027
Pendidikan, J. A., Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 14(1), 25.
Sakti, B. A. (2017). Peran Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mencapai Keberhasilan Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Sugiono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Yurindra. (2017). Software Engineering. Deeppublish.
Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701