IMPLEMENTASI METODE 360 DERAJAT PADA PENILAIAN KINERJA GURU BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v4i2.837Keywords:
Penilaian Kinerja Guru, Metode 360 Derajat, Pengarsipan Digital, Sistem InformasiAbstract
Proses penilian kinerja guru dan pengarsipan dokumen kinerja guru di Mts Midanutta’lim masih dilaksanakan secara konvensional dengan mengisi form penilaian dan excel untuk proses perhitungan nilai, sedangkan pengarsipan dokumen penilaian disimpan dalam computer sekolah yang rawan hilang. Hal tersebut mendorong peneliti mengembangkan aplikasi berbasis website untuk memudahkan proses pengisian kuesioner dan proses penilaian bisa dilakukan secara digital berbasis website. Untuk proses penilaian menggunaka metode 360 yaitu metode penilaian umpan balik yang dilaksakan oleh orang sekitar berinteraksi dalam pekerjaannya seperti bawahan, rekan sejawat dan atasan bahkan penilaian bisa dilakukan oleh orang diluar organisasi yang ada interaksi dengan objek penilaian. Pemanfaatan teknologi berbasis web untuk pelaksanaan proses penilaian dan pengarispan dokumen penilaian bisa dilaksanakan secara online, sedangkan pemanfaatan metode 360 derajat akan menjadi kombinasi yang cocok untuk proses penilaian kinerja guru dengan proses umpan balik karena proses belajar mengajar di sekolahan dilakukan dengan interaksi dari segala arah berdasarkan hubungan perilaku seseorang dengan orang pada sebuah lembaga atau organisasi. Implementasi metode 360 derajat berbasis web akan menjadi solusi untuk proses penilaian, perhitungan dan pengarsipan penilaian kinerja guru di Mts Midanutta’lim Kabupaten Jombang, jawa Timur.
References
Alimudin, A. (2017). Hubungan Dismenore Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi DIV Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari. Skripsi Kendari: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kendari Jurusan Kebidanan.
Anggreini, W, P. (2019). Skripsi Hubungan Dismenore Primer Dengan Aktivitas Belajar Di SMAN 8 Surabaya.
Anurogo, Ditto. (2011). Nyeri Haid. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fasha, A, H. (2017). Hubungan Usia Menars, Kebiasaan Olahraga Dan Stres Dengan Dismenore Pada Siswi SMAN 1 Semarang. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.
Febriana Et Al. (2015). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Dengan Dysmenorrhea Primer Pada Remaja Umur 13-15 Tahun Di SMP. K. Harapan Denpasar. Jurnal. Https://Doi.Org/10.1587/Transcom.2016snp0020
Felicia., Hutagaol, Esther., Kundre Rina. (2015). Hubungan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Di Psik FK Unsrat Manado. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/110354-Id-Hubungan-Status-Gizi-Dengan-Siklus-Menst.Pdf
Hanum, Diyana Faricha. (2019). Hubungan Dismenorea Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswi Akademi Kebidanan Delima Persada Gresik 2018.
Hurlock, Elizabeth, B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Iacovides, S., Avidon, I., & Baker, F, C. (2015). What We Know About Primary Dysmenorrhea Today: A Critical Review. Human Reproduction Update. Https://Doi.Org/10.1093/Humupd/Dmv039
Ningsih, R. (2011). Efektifitas Paket Pereda Intensitas Nyeri Pada Remaja Dengan Dismenore Di SMAN Kecamatan Curup. Http://Lontar.Ui.Ac.Id
Nurul, Yani Gusti. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Siklus Menstruasi Pada Atlet Kontingen Pon XIX Jawa Barat Di Koni Sulawesi Selatan, Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makasar.
Parker, Ma., Sneddon, Ae., Arbon, P. (2010). The Menstrual Disorder Of Teenagers (Mdot) Study: Determining Typical Menstrual Patterns And Menstrual Disturbance In A Large Population Based Study Of Australian Teenagers. Bjog.
Proverawati, Atikah & Misaroh, Siti. (2009). Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika.
Putri, S, A., Yunus, M., & Fanani, E. (2017). Hubungan Antara Nyeri Haid (Dismenore ) Terhadap Aktivitas Belajar Pada Siswi Kelas XI SMA Negeri 52 Jakarta. Preventia : The Indonesian Journal Of Public Health. Https://Doi.Org/10.17977/Um044v2i2p85-92
Rahayu, A., Pertiwi, S., Patimah, S., & Kunci, K. (2017). Pengaruh Endorphine Massage Terhadap Rasa Sakit Dismenore Pada Mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Tahun 2017.
Rohmat. (2013). Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Diskusi Dan Pendidikan Kewarganegaraan. (Online). Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/9 84/3/083911045_Bab2.Pdf
Sardiman, A, M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, S, A,. & Lestari, L. (2018). Hubungan Nyeri Haid (Dismenore ) Dengan Aktivitas Belajar Sehari-Hari Pada Remaja Putri Kelas VII Di SMPN 3 Pulung. Jurnal Delima Harapan. Https://Doi.Org/10.31935/Delima.V5i1.5
Sinaga, R.K.S. (2016). Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Siswi SMA Negeri 4 Medan.
Susanti, R., Utami, N, W., & Lasri. (2018). Hubungan Nyeri Haid (Dysmenorrhea) Dengan Aktivitas Belajar Pada Remaja Putri MTS Muhammadiyah 2 Malang. Journal Nursing News. Https://Doi.Org/10.1021/Bc049898y
Wianti, Arni & Pratiwi, Gustina Cahya. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penanganan Dysmenorhea pada Siswi Kelas X di SMK N 1 Kadipaten. Jurnal Kampus STIKes YPIB Majakengka Vol IV No. 13 Februari 2018.
World Health Organization (Who). (2014). Commission On Ending Childhood Obesity. Geneva, World Health Organization, Department Of Noncommunicable Disease Surveillance
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.