IMPLEMENTASI METODE 360 DERAJAT PADA PENILAIAN KINERJA GURU BERBASIS WEB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Farhan
Muhammad Burhanuddin
Mukhammad Masrur
Muhammad Ali Murtadho
Diema Hernyka Satyareni

Abstract

Proses penilian kinerja guru dan pengarsipan dokumen kinerja guru di Mts Midanutta’lim masih dilaksanakan secara konvensional dengan mengisi form penilaian dan excel untuk proses perhitungan nilai, sedangkan pengarsipan dokumen penilaian disimpan dalam computer sekolah yang rawan hilang. Hal tersebut mendorong peneliti mengembangkan aplikasi berbasis website untuk memudahkan proses pengisian kuesioner dan proses penilaian bisa dilakukan secara digital berbasis website. Untuk proses penilaian menggunaka metode 360 yaitu metode penilaian umpan balik yang dilaksakan oleh orang sekitar berinteraksi dalam pekerjaannya  seperti bawahan, rekan sejawat dan atasan bahkan penilaian bisa dilakukan oleh orang diluar organisasi yang ada interaksi dengan objek penilaian. Pemanfaatan  teknologi berbasis web untuk pelaksanaan proses penilaian dan pengarispan dokumen penilaian bisa dilaksanakan secara online, sedangkan pemanfaatan metode 360 derajat akan menjadi kombinasi yang cocok untuk proses penilaian kinerja guru dengan proses umpan balik karena proses belajar mengajar di sekolahan dilakukan dengan interaksi dari segala arah berdasarkan hubungan perilaku seseorang dengan orang pada sebuah lembaga atau organisasi. Implementasi metode 360 derajat berbasis web akan menjadi solusi untuk proses penilaian, perhitungan dan pengarsipan penilaian kinerja guru di Mts Midanutta’lim Kabupaten Jombang, jawa Timur.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amin, H. U., & Khan, A. R. (2009). Acquiring Knowledge for Evaluation of Teachers Performance in Higher Education using a Questionnaire. Journal of Computer Science, 2(1), 7. http://arxiv.org/abs/0906.4663
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020 mempunyai tugas , fungsi , serta peran penting dalam mencerdaskan kehidupan konsep dan teori ilmu pengetahuan , yang berlandaskan filosofi. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 2(3), 29–43. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jetl
Indonesia, R. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.
Mohapatra, S., Samantaray, D. P., & Samantaray, S. M. (2015). Study on polyhydroxyalkanoates production using rhizospheric soil bacterial isolates of sweet potato. Indian Journal of Science and Technology, 8(April), 57–62. https://doi.org/10.17485/ijst/2015/v8iS7/64027
Pendidikan, J. A., Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 14(1), 25.
Sakti, B. A. (2017). Peran Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mencapai Keberhasilan Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Sugiono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Yurindra. (2017). Software Engineering. Deeppublish.
Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701