PERANCANGAN GAME “LAST NIGHT" MENGGUNAKAN UNITY 3D
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan zaman terkadang dapat menimbulkan suatu situasi yang menekan orang yang bersangkutan entah karena tuntutan pekerjaan ataupun banyaknya tugas di sekolah. Situasi tertekan ini dikenal dengan istilah stress atau jenuh, banyak sekali cara orang-orang untuk mengatasi stress atau jenuh ini. Bisa dengan berwisata, berolahraga, beristirahat sampai bermain game. Pada penelitian ini, penyusun bertujuan membuat game bergenre horror menggunakan Unity 3D sebagai Tools Game Action dengan genre Survival Arcade menggunakan Bahasa Pemrograman C#, metode pengambangan perangkat lunak pada pengambangan game menggunakan metode waterfall. Setelah dilakukan tahap perancangan data yang meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap pengujian Hasil dari pengujian Black-Box Testing menunjukan semua fungsi bekerja dengan baik sedangkan hasil dari pengujian dengan metode kuisoner menunjukan bahwa nilai ketertarikan dan manfaat yang didapatkan cukup tinggi. Game ini selain digunakan untuk bersenang–senang dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran tentang game survival.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akhyar, K., & Anshori, I. F. (2022). Aplikasi Permainan Dekorasi Kue Bread.Co dengan Construct 2 di PT Griya Pratama. E-Prosiding Teknik Informatika, 213-221.
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.
Basya, R. h., & Anshori, I. F. (2021). Rancang BangunAplikasi Pemesanan Kue Berbasis Android Pada Salwa Cookies. E Prosiding Teknik Informatika, 92-98.
David. (2016). Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horor. Cogito Smart Jurnal, 167-179.
Fatta. (2017). Analisis dan Perancangan SIstem Informasi Untuk keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.
Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Januar, M. I., & Anshori, I. F. (2022). Rancang Bangun Guess The Animal Untuk Mengenalkan Hewan Khas Indonesia Berbasis Android. E-Prosiding Teknik Informatika, 98-106.
Nuruzzuha, Y., & Hendriyanto, R. (2015). Aplikasi Game FPS "Horror of Campus". E-Procedding of Applied Science, 1117-1125.
Rahadian, M. F., Suyatno, A., & Maharani, S. (2016). Penerapan Metode Finite State Machine pada Game "The Relationship". Jurnal Informatika Mulawarman, 14-22.
Ramadijanti, N., Setiowati, Y., & Fathoni, K. (2015). Penerapan Finite State Machine Pada Perilaku Karakter. FT UGM, 30-36.
Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Ultima InfoSys, 35-42.