Usability Testing Aplikasi Indovision Anywhere-Free

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Atmoko

Abstract




Teknologi pada dunia TV berlangganan, perlu memiliki kegunaan yang lebih tinggi (high usability) sehingga dapat digunakan dengan mudah, efektif, efisien dan memuaskan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penerimaan dari 2 kelompok pelanggan terhadap aplikasi Indovision Anywhere-free guna mendapatkan aplikasi dengan kegunaan tinggi, sehingga apliaksi tersebut siap untuk digunakan oleh seluruh pelanggan Indovision. Berdasarkan analisis acceptability dengan metode usability testing, diperoleh hasil bahwa jumlah pelanggan yang meneria teknologi baru tersebut sebanyak 75% jika dilakukan pengembangan pada aplikasi. Saran perbaikan teknis aplikasi dapat digunakan bagi tim pengembangan produk dalam proses perbaikannya.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agus, N. (2005). Strategi Jitu Memilih metode Statistic Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Arief. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendeketan praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dimuksa, W., Abda'u, P. D., & Karaman, J. (2016). Usability Evaluation pada Website STKIP PGRI Pacitan. Usability Evaluation , 115-120.

Gaspersz, V. (2003). Manajemen Bisnis Total-Total Quality Management. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Yogyakarta: Universitas Dipenogoro.

Hall, J. A. (2008). Accounting Information sysytem. USA : South-Western Cengage Learning. Jakarta: PT.Indeks.

Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hussain, A., O.C, E., MKPojiogu, & Hussain, Z. (2015). Usability Evaluation of a Web Based Helath Awareness portal on Smartphone Devices Using ISO 9241-11 Model. Usability Evaluation , 1-5.

Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto, H. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto, H. (2005). Sistem Informasi Strategic. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Amstrong. (2006). Principles of Marketing 11 Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Person Education Ltd.

Kotler, P., Keller, & Lane, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bob Sabran Erlangga.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

Lestari, S. (2014). Analisis Usability Web (Studi kasus Website UMKM Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung. Usability Web , 46-51.

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Prasetio, R. T. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting on Manufacture Company. Jurnal Informatika, 1(2).

Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Anshori, I. F., Rismayadi, A. A., Hidayatulloh, S., & Mubarok, A. (2018). Analisis Penerimaan Microsoft Office dengan Pendekatan Technology Acceptance Model pada Warga Desa Karyamukti Kecamatan Cililin. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem menggunakan Use Questionaire pada Aplikasi Android. Usability Sistem , 661-671.

Riana, D. (2012). Statistikas Deskriptif itu Mudah. Tangerang: Jelajah Nusa.

Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Setyaningsih, T. B. (2012). Penentuan Tingkat Penerimaan Perawat terhadap Alat Pemantau Infus Jarak Jauh Berbasis Usability Tetsting (Studi Kasus RSUP Dr.Hasan Sadikin Bandung. Tesis , 1-178.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis, Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen, Panduan Riset sederahan untuk mengenali Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Jakarta: Eknosia.