IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA TINGKAT STRES MAHASISWA AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v6i2.1810Keywords:
Stres, Mahasiswa, Naive Bayes, Waterfall, BlackboxAbstract
Stres adalah masalah umum yang memengaruhi kinerja akademik, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang menghadapi kesulitan dalam penyusunan skripsi. Data menunjukkan bahwa 70% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide dan menyusun skripsi, serta mengalami kecemasan dan kehilangan rasa percaya diri, yang berdampak pada rendahnya angka kelulusan tepat waktu. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian mengembangkan sistem pakar berbasis web menggunakan algoritma Naïve Bayes untuk mendiagnosa tingkat stres mahasiswa. Sistem ini dirancang untuk mengidentifikasi tingkat stres, dari ringan hingga berat, dan memberikan saran penanganan yang tepat. Algoritma Naïve Bayes dipilih karena akurasinya yang tinggi dan efisiensi dalam penggunaan data pelatihan. Penelitian melibatkan pakar psikologi untuk memastikan keakuratan informasi dan solusi yang diberikan. Pengujian sistem oleh pakar psikologi menunjukkan kesesuaian diagnosa awal dengan pengetahuan klinis, sementara pengujian blackbox membuktikan bahwa sistem berfungsi dengan baik. Diharapkan, sistem ini membantu mahasiswa mengelola stres dan meningkatkan peluang kelulusan tepat waktu.
References
Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, S. (2021). Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identify Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspectives and Research, 9(1), 77–91. https://doi.org/10.1177/2278533720923486
Grafström, J., Jakobsson, L., & Wiede, P. (2018). The Impact of Influencer Marketing on Consumers’ Attitudes. Marketing Management, May, 1–77. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1214105/FULLTEXT01.pdf
Kertamukti, R. (2019). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran (1st ed.). Rajawali Pers.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Marketing Management. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 1, 662.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Direccion De Marketing. Pearson Educacion.
Kusnandri, A., Mansur, M., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Direct Marketing, Sales Promotion Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(7), 34–45. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/1182
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut), 18(1), 33–38. http://www.jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/69/41
Manurung, E. I. (2021). Kajian Literatur : Penggunaan Telehealth Program Dalam Pelayanan Kesehatan Rehabilitas. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 9(2), 148–155. https://jurnalstikesintanmartapura.com/index.php/jikis/article/view/31/23
Ponirah, A. (2020). Influencer Marketing as a Marketing Strategy. Journal of Economicate Studies, 4(1), 11–16. http://www.journal.islamicateinstitute.co.id/index.php/joes/article/view/649/76
Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480
Riani, R., & Samatan, N. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Penggunaan Aplikasi TikTok. International Journal of Communication, Management and Humanities AID Conferenc, 1(2), 145–156.
Rizaty, M. A., & Mutia, A. (2022). TikTok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/04/tiktok-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-pada-2021#:~:text=Menurut riset AppTopia%2C TikTok mencatatkan,Facebook meraih 416 juta unduhan.
Roisah, R., & Al-biru, M. (2021). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 45–53.
Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7–19.
Sari, C. R., & Hidayat, A. M. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Uniqlo Universitas Telkom. E-Proceeding of Management, 8(2), 1361–1368.
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10121
Sulaiman, M. R., & Rachmawati, D. (2021). Konten Fashion dan Kecantikan Meningkat, TikTok Ajak UKM Promosi. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2021/05/06/142327/konten-fashion-dan-kecantikan-meningkat-tiktok-ajak-ukm-promosi?page=all
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. ANDI.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Ma rketing (2nd ed.). ANDI.
Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. In FEB-UP Press. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.