RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPAREPART DAN JASA SERVICE ELEKTRONIK PADA CV. PRABU TEKNIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bagas Manshruin
Yuntari Purbasari
Jepri Yandi

Abstract

Prabu Teknik adalah perusahaan yang berfokus dalam bidang penjualan sparepart elektronik dan jasa service atau pemeliharaan kerusakan pada barang elektronik seperti televisi, kipas angin dan peralatan elektronik lainnya serta menyediakan layanan service panggilan untuk perawatan mesin pendingin ruangan atau AC. Dalam melakukan transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik belum terkomputerisasi artinya masih mencatat semua transaksi yang terjadi kedalam buku rekap transaksi. Dimana hal itu dinilai dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi dan beresiko kehilangan data. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada CV. Prabu Teknik dalam melakukan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik yang diamati secara objektif, serta perancangan Penulis menggunakan rekayasa perangkat lunak berupa metode pengembangan prototype serta alat bantu perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), yang terdiri dari use case diagram, activity diagram dan class diagram. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membantu pegawai dalam menginput dan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik. Dengan adanya aplikasi pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik diharapkan dapat memudahkan dan meminimalisir kesalahan dalam melakukan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik pada CV. Prabu Teknik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Andini, N., Taufiq, R., Priyanggodo, D. Y., & Sugiyani, Y. (2023). Penggunaan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Imunisasi Posyandu. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 431-439.
A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, “Systems Analysis & Design An Object-Oriented Approach with UML,”. Danvers: John Wiley & Sons, Inc, 2015.
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6.
Habibi, R., & Karnovi, R. (2020). Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring terhadap job desk operational human capital (OHC). Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Permatasari, D. (2021). Sistem Pengolahan Data Simpan Pinjam Pada Koperasi SMP PGRI 2 Marga Sekampung. Jurnal Ilmu Data, 1(3).
Robbi, F. A. A., Prasetijo, A. B., & Widianto, E. D. (2019). Perbandingan Kinerja Block Storage Ceph dan ZFS di Lingkungan Virtual. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 7(1), 7–11.
Sidiq, Y. N. S., Fathonah, R. N. S., & Riza, N. (2020). Metode Klasifikasi Menentukan Kenaikan Level Ukm Bandung Timur Dengan Algoritma Naïve Bayes Pada Sistem Juragan Berbasis Komunitas. CV. Kreat
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.
Suhartini et al., (2023:5). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Group.
Syahputri, K., & Nasution, M. I. P. (2023). Peran Database Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 54-58.