IMPLEMENTASI FRAMEWORK COBIT 5 DALAM AUDIT SISTEM INFORMASI APLIKASI MOODLE AIOCBT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19, pembelajaran mengalami perubahan signifikan dari tatap muka menjadi daring. Salah satu contoh implementasi pembelajaran daring adalah di SMA Negeri 102 Jakarta, yang menggunakan aplikasi Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) AIOCBT. Implementasi aplikasi Moodle dalam pembelajaran di SMA Negeri 102 Jakarta telah dilakukan untuk membantu guru dan murid terhubung selama masa pandemi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana keefektifan media pembelajaran Moodle dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 untuk mengukur tingkat kemampuan aplikasi Moodle dalam domain Deliver, Service and Support, serta Monitor, Evaluate and Asses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada domain Deliver, Service and Support, nilai rata-rata adalah 3,89 dengan nilai gap sebesar 0,96. Sedangkan pada domain Monitor, Evaluate and Asses, nilai rata-rata adalah 3,91 dengan nilai gap sebesar 1,09. Berdasarkan evaluasi tata kelola sistem IT menunjukkan bahwa aplikasi Moodle berada pada level Predictable Process.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
Ardiansyah, R., & Sutabri, T. (2024). ANALISIS KINERJA MANAJEMEN LAYANAN SISTEM AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5. 6(1), 103–112.
Christianti, L. V., & Syofyan, H. (2024). Pembelajaran IPA Selama Pandemi Menggunakan Metode Pembelajaran Jarak Jauh ( Studi Kasus pada Anak Kelas 4 SD Tunas Muda Jakarta Barat ). 06(03), 18079–18091.
Darwis, D., Solehah, N. Y., & Dartnono, D. (2021). Penerapan Framework Cobit 5 Untuk Audit Tata Kelola Keamanan Informasi Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(2), 38–45.
Hasyim, W., Abas, M. I., & Mohi, R. (2023). Penerapan Model COBIT 5 dalam Audit Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online Pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1476–1485. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3853
Hudin, J. M., Mutiara, E., Ramdhani, L. S., & Saputra, R. A. (2021). Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Pt. Intercon Terminal Indonesia Menggunakan Framework Cobit 4.1. Swabumi, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.10310
Marlina, M., & Hendri, Z. (2022). Kajian Pendidikan Karakter Dimasa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada Sekolah Berasrama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(4). https://doi.org/10.29210/181800
Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227–234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174
Mei, E., Sitepu, R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi Bagi Pendidikan di Negera Indonesia yang sedang Berkembang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 2714–2634. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5764
Nasution, A., Widiastuti, E., Aulia, H. L., Asriantri, M., Indriani, U. D., & Yahfizham. (2024). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD Negeri 106224 Desa Kerapuh. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 130–144.
Yustitia;, V., Azwar;, I., Inayah;, S., Nurlela;, L., Kania;, N., Kusumaningrum;, B., Prasetyaningrum;, D. I., Kau;, M. S., Lestari;, I., Permana;, R., Khaerani;, & Genisa, M. U. (2024). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. CV. Edupedia Publisher. https://www.researchgate.net/profile/Nia-Kania/publication/378494193_PENDIDIKAN_DI_ERA_DIGITAL/links/65dd54ccadf2362b635a241e/PENDIDIKAN-DI-ERA-DIGITAL.pd