PREDIKSI JUMLAH PRODUKSI IKAN TAHUN 2018-2022 PADA TELUK BANTEN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR REGRESSION
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v6i2.1588Keywords:
SVR, Prediksi, Produksi IkanAbstract
Teluk Banten adalah salah satu bagian penting pada perairan laut Jawa Indonesia termasuk kedalam perairan yang kaya akan sumber daya ikan untuk mengoptimalkan manfaat dari sumber daya ini, perlu dilakukan pemantauan dan prediksi produksi ikan yang akurat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian meningkatkan pada model prediksi jumlah produksi ikan di Teluk Banten selama periode tahun 2018-2022 menggunakan metode Support Vector Regression (SVR). Data historis produksi ikan yang telah dikumpulkan selama lima tahun terakhir digunakan sebagai input untuk melatih dan menguji model prediksi. SVR adalah salah satu metode pembelajaran mesin yang telah terbukti efektif dalam melakukan prediksi untuk masalah regresi. Langkah awal penelitian dengan melakukan pra-pemrosesan data, termasuk pengolahan data yang hilang dan penyesuaian skala data. Setelah itu, data yang telah diproses digunakan untuk melatih model SVR. Pada tahap ini, parameter SVR yang optimal ditentukan melalui teknik optimasi yang tepat, seperti penggunaan validasi silang atau optimasi parameter grid. Penelitian ini menunjukkan bahwa model prediksi menggunakan metode SVR mampu memberikan prediksi yang akurat untuk jumlah produksi ikan di Teluk Banten selama periode 2018-2022. Dengan memanfaatkan model ini, pemangku kepentingan dan peneliti di bidang perikanan dapat memperoleh wawasan yang berharga untuk perencanaan dan pengelolaan sumber daya perikanan di wilayah tersebut. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan dan penerapan metode pembelajaran mesin untuk analisis prediksi dalam konteks perikanan.
References
Alvarez, B. A., & Casielles, R. V. (2005). Consumer evaluations of sales promotion: The effect on brand choice. European Journal of Marketing, 39, 54–70. https://doi.org/10.1108/03090560510572016
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj.
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Casteleyn, J., Mottart, A., & Rutten, K. (2009). How to use Facebook in your market research. International Journal of Market Research, 439–447.
Darke, P. R., & Chung, C. M. Y. (2005). Effects of pricing and promotion on consumer perceptions: It depends on how you frame it. Journal of Retailing, 81(1), 35–47.
Fowdar, Ramsaran & Fowdar, S. (2013). The Implications of Facebook Marketing for Organizations. Contemporary Management Research, 9 No 1, 73–84.
Herukusumo, S. P. D. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Tas Wanita oleh Amare Online Shop melalui Media Jejaring Sosial Blackberry Messanger. EJurnal Unisri, 2 No. 26, 51–99.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition,. Pearson Education,Inc.
Munandar, A. S. (2014). Psikologi industri dan organisasi. UI Press.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Noviani, R. (2002). “Jalan Tengah Memahami Iklan” dalam Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Halaman 1. Pakar Raya.
Proboyo, A., & Kusuma, B. I. (2019). The Impact of Product Attributes, Price, Place, Advertising, and Sales Promotion: A Case of Kids Shampoo in Indonesia. Petra International Journal of Business Studies, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.9744/ijbs.2.2.59-70
Riduwan, A. (2007). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. In Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Setiadi, J. N. (2014). Perilaku Konsumen. PT. Prenada Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, M. (2005). Metodologi Penelitian Bisnis. Andi Offset.
Treadway, Chris & Smith, M. (2010). Facebook Marketing; an Hour a Day. Wiley Publishing, Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.